Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Uji Coba Pra-musim MotoGP

Smith Dapat Pelajaran dari Rossi meski Hanya 2 Lap

Kompas.com - 25/03/2013, 19:48 WIB

JEREZ, Kompas.com - Bradley Smith mendapat kesempatan belajar dari juara dunia sembilan kali grand prix, Valentino Rossi, selama hari kedua uji coba resmi terakhir pra-musim MotoGP 2013, Minggu (24/3/2013). Pasalnya, dia sempat membuntuti pebalap Yamaha tersebut, yang mengakhiri tes resmi itu sebagai yang tercepat.

Rookie Monster Yamaha Tech 3 ini mengikuti Rossi selama dua lap pada sesi sore, ketika mendapat kesempatan melakukan uji coba di trek kering, menyusul tidak maksimalnya uji coba pada hari pertama akibat hujan. Smith mengakhiri tes ini dengan berada di peringkat ke-12, setelah mencatat waktu terbaik 1 menit 41,398 detik, terpaut 1,873 detik dari Rossi.

Smith hanya lebih lambat 0,7 detik dari posisi keenam dan dia mengatakan bahwa meskipun hanya sesaat berada di belakang Rossi, tetapi ada pengalaman berharga yang diperolehnya.

"Saya mengikuti Valentino selama dua lap dan itu membuka mataku tentang kelemahanku," ujar mantan juara kelas 125 cc ini. "Dalam poin-poin tertentu saya cukup baik tetapi saya masih terlalu terburu-buru di tikungan dan sedikit terlalu keras. Dia mengajariku banyak teknik dan bagaimana mengendarai sepeda motor MotoGP. Hanya dua lap tetapi positif.

"Saya memiliki kebiasaan berbahaya saat masuk tikungan. Tidak mengerem terlalu lambat tetapi berusaha dengan kecepatan tinggi masuk tikungan dan tidak menggunakan karakteristik mesin untuk keluar dari tikungan.

"Motor MotoGP menyangkut cara menunggang dan persiapan untuk masuk tikungan berikutnya dan bergerak ke berikutnya lagi dan tentu saja jika anda melebar di Tikungan 2, yang mana saya senang melakukannya saat itu, maka anda akan melebar di Tikungan 3 dan lambat untuk Tikungan 4."

Smith menambahkan, trek di Jerez ini merupakan perpaduan karakter mengalir dan berkelok-kelok.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com