Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi BBM Vespa Tiga Katup 54 Kpl

Kompas.com - 22/03/2013, 15:13 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Piaggio mengembangkan salah satu mereknya, Vespa bermesin 150 cc, satu silinder 4-langkah dengan  teknologi 3-katup. Dengan cara tersebut, diklaim lebih ”ngacir”, irit, nyaman dan beremisi rendah.

Teknologi tiga katup diklaim cukup efektif mengirit konsumsi bahan bakar terbaik. Perubahan lain, kruk as atau crankshaft, bantalan nokken as atau camshaft dan untuk mengurangi gesekan digunakan roller rockers.

Sementara komputer atau Engine Control Unit (ECU) juga baru yang mengatur ulang waktu pengapian dan waktu dan lama injeksi sesuai denan kondisi terbaru. Hasilnya, kebutuhan mesin terhadap bahan bakar  berkurang atau lebih irit  30 persen.

Diklaim, konsumsi BBM Vespa 150 cc mesin 3-katup ini 54 km per liter (kpl) pada kecepatan konstan 50 kpj. ”Inilah konsumsi bahan bakar paling ekonomis di segmen skutik,” kata Sergi Canovas, Sales & Network Development Director Vespa Indonesia.

Lebih lanjut, Sergi menegaskan bahwa mesin tiga katup ini mampu menerima bensin dengan oktan rendah tanpa mempengaruhi kinerja mesin. Biaya perawatan juga kini bisa dipangkas, karena tengang waktu perawatan kini menjadi 5.000 km dari sebelumnya  3.000 km harus servis. Pergantian oli menjadi lebih lama, dari 6.000 km menjadi 10.000 km.

Untuk penampilan tidak ada perubahan, Vespa Indonesia hanya menambahkan tulisan "3V". 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com