Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati 1199 Panigale R, Motor Balap Legal Jalanan

Kompas.com - 20/03/2013, 14:38 WIB

Texas, KompasOtomotif – Sebenarnya, Ducati 1199 Panigale R sudah pernah nongol di pameran sepeda motor terbesar dunia, EICMA di Milan, akhir 2012 silam. Namun, untuk menggairahkan pasar AS, Ducati baru saja merilisnya di sirkuit Austin, Texas, mengajak pebalap Ducati di MotoGP Nicky Hayden dan pembalap tim satelitnya, Ben Spies (18/3).

Hayden dan Spies menggeber sepeda motor spesifikasi balap yang legal di jalanan itu beberapa lap, untuk kemudian diminta testimoninya dalam konferensi pers. ”Motor ini ramping dan cepat, sungguh sangat cepat. Tampangnya juga cantik membuatnya menjadi salah satu yang terbaik di dunia,” komentar Hayden usai mencobanya.

Lalu, apa nilai plus yang ditawarkan sepeda motor ini? Panigale R memiliki semua fitur yang juga diusung versi S dengan tambahan con-rod titanium yang memangkas beratnya 0,6 kg. Flywheel dan rocker arm baru semakin membuatnya langsing. Batas rpm lebih tinggi (12.000) dibanding versi S (11.500), lengan ayun dengan pivot empat titik yang bisa disetel, beragam komponen fiber serta sproket belakang 41 gigi (versi standar dan S 39 gigi).

Ducati 1199 Panigale R juga dipersenjatai komponen ala balap seperti racing screen, knalpot Termignoni dan ECU mapping khusus balap. Setelan itu mampu menaikkan tenaga hingga 3 persen di rpm tinggi dan 15 persen pada putaran mesin menengah. Ducati menuturkan sepeda motor ini berdaya maksimal 192 PS pada 10.750 rpm dan torsi 132,73 Nm pada 9.000 rpm

Dengan berbagai peningkatan komponen dan spek siap balap ini, Panigale anyar jadi varian Ducati paling mahal. Harganya berkisar di angka 29.995 dollar AS atau sekitar Rp 290 jutaan. PT Supermoto Indonesia sendiri mendatangkan versi ini di 2013, dan harganya dipastikan lebih dari RP 500 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com