Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKJA Bangun Pabrik Knalpot Baru di Purbalingga

Kompas.com - 18/03/2013, 08:20 WIB

Purbalingga, KompasOtomotif — PT Indo Knalpot Jaya Abadi (PT IKJA) dari Purbalingga, Jawa Tengah, berhasil membuktikannya dengan memasok hasil produksinya ke agen tunggal pemegang merek (ATPM) ternama dari Jepang. Untuk itu, sejumlah pengusaha Purbalingga yang menjadi motor di balik IKJA akan membangun pabrik modern berkapasitas 30.000 unit per bulan dengan investasi Rp 6 miliar.

"Kami telah menandatangani kerja sama dengan sejumlah perusahaan otomotif untuk memasok knalpot," ungkap salah satu pemilik saham IKJA, Muhajirin, yang dilansir Antara, di sela-sela acara peletakan batu pertama pembangunan pabriknya di Desa Blater, Kecamatan Kalimanah, Purbalingga, Jawa Tengah, kemarin (17/3/2013).

Muhajirin menjelaskan, merek yang siap menerima pasokan knalpot dari IKJA adalah Suzuki 1.000 unit dan perusahaan genset Jepang 200 unit per bulan. Produsen lain, Nissan, Esemka, dan PT Pindad dikatakan siap menampung knalpot IKJA. "Kami juga siap memenuhi pesanan knalpot untuk Toyota, 10.000 unit per bulan," bebernya.

Bangun pabrik
Pabrik IKJA dibangun di atas lahan 2.000 meter persegi menggunakan permesinan modern senilai Rp 1,2 miliar. Total investasi untuk membangun pabrik mencapai Rp 6 miliar. Jumlah tenaga kerja yang terserap 120 orang dengan target produksi 30.000 knalpot per bulan. "Kami berharap, pembangunan pabrik ini dapat selesai dalam tiga bulan dan segera beroperasi," lanjut Muhajirin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com