Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyetir Cerdas Bersama Outlander Sport

Kompas.com - 16/03/2013, 15:03 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Menyetir mobil? Banyak yang menguasai. Tapi untuk menyetir cerdas atau smart driving, tidak semua orang tahu dan mampu. Itulah sebabnya PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) memberikan edukasi kepada konsumen Mitsubishi Outlander Sport untuk belajar menyetir aman dan cerdas, dalam Outlander Sport Smart Driving Experience, di Parkir Barat JIExpo, Kemayoran, Jakarta, (16-17 Maret).

Tercatat 60 konsumen berkesempatan belajar lebih banyak tentang teori smart diriving yang disampaikan pereli Rifat Sungkar, dan sisanya praktik langsung. Ada dua kurikulum yang disampaikan Rifat, berupa mempelajari sekitar  kondisi jalan, hingga karakter mobil. Kurikulum keduanya mempertajam teknik mengemudi,

"Mengemudi di Jakarta sudah tidak lagi mengandalkan kecepatan. Tapi kita harus pandai mencari celah. Mungkin harus masuk jalan tikus, gang-gang sempit yang membutuhkan keahlian berkendara yang baik. Dan lebih penting, sadar keselamatan melalui teknik yang dimiliki," jelas Rifat.

Dalam praktiknya memang tak segampang berbicara. KTB menyulap parkir Barat JIExpo menjadi trek dadakan menggunakan kun dengan sejumlah karakter tikungan, bahkan ruang sempit.

"Gampang-gampang susah. Kita harus menguasai kaca spion dalam berkendara. Jangan melihat ke belakang. Kita juga harus presisi dalam mengambil tikungan-tikungan. Kelengkapan keselamatan dalam mobil hanya mendukung,"beber Echa, instruktur dalam acara ini.

Ini adalah acara pertama untuk konsumen Mitsubishi Outlander Sport. KTB sudah mengadakan acara serupa melibatkan konsumen Mitsubishi Pajero Sport dan Mitsubishi Mirage. "Karakter Pajero lebih ke pembuktian kekuatan, sementara Mirage lebih ke mobil irit. Outlander lebih condong dipakai untuk berkendara di dalam kota," terang Rizwan Alamsjah, Direktur Pemasaran KTB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com