Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monster Siap Taklukkan "Pike's Peak" dengan Toyota 86

Kompas.com - 16/03/2013, 11:41 WIB

Fukushima, KompasOtomotif - Legenda adu kecepatan tanjak bukit Pike’s Peak, Nobuhiro "Monster" Tajima, kembali tampil dengan merek baru. Lepas dari jok Suzuki, pegiat motorsport berusia 62 tahun itu membesut Toyota 86. Sayangnya, hingga kini belum ada update dari situs timnya, Monster Sports, mengenai spesifikasi dari tunggangan baru itu. Walau demikian, jelas bahwa sponsornya masihlah produk fotografi GoPro, seperti juga pada balapan lalu saat ia mengendarai Suzuki "Monster" SX4.

Predikatnya sebagai "Monster" pun terasa kurang greget jika Toyota 86-nya tidak dioprek. Hasilnya, sedan sport dua pintu tersebut beralih wujud menjadi "Super Toyota 86". Posisi duduknya terlihat masih di tengah atau memusat, seperti pada mobil-mobil Tajima pada ajang-ajang Pike’s Peak sebelumnya.

Yang khas juga pada urusan perampingan bodi sehingga Super-Toyota 86 ini jadi kurus untuk mendukung efisiensi gerak. Lainnya adalah sayap besar di belakang untuk memaksimalkan daya tekan ke bawah agar ban lebih menjejak ke lintasan, yang digerakkan oleh tenaga besar dari mesin khas balapan catatan waktu menanjak bukit ini. Sementara itu, identitas paling kental dari Toyota 86 hanya bertahan di bagian lampu depan ala mata ular dan logo Toyota di antaranya.

Sebenarnya agak janggal melihat Tajima berada di kokpit Toyota. Pasalnya, mantan pereli WRC yang pada 1981 ikut dalam Lombard RAC Rally ini lebih akrab dengan merek Suzuki dan sudah lama bercokol plus mengembangkannya. Momen-momen terbesarnya antara lain ketika ia mengendarai Suzuki Escudo V6 warna merah bermesin ganda dengan bodi super-gambot nan kekar pada 1995.

Tajima mulai menjajal Super-Toyota 86 hitam berpelek 20 inci ini pada awal Maret 2013 di suatu tempat di Prefektur Fukushima, Jepang. Walau belum ada bocoran soal isi jeroannya, suara mesin yang "krotok-krotok" saat diam saja sudah lumayan bikin minder. (Dimas Wahyu)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com