Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Tanpa Angin Mulai Dijual pada 2014

Kompas.com - 15/03/2013, 09:05 WIB

Ottawa, KompasOtomotif – Ban tanpa angin akan mewarnai dunia otomotif. Spesialis kendaraan off-road Polaris, berencana meluncurkan ban tersebut tahun depan dan menyebutnya Non-Pneumatic Tires. Ban ini dikembangkan oleh Resilient Technologies, perusahaan kecil yang diakuisisi oleh Polaris tahun lalu.

Cara kerja ban tanpa angin ini sederhana, mirip roda sepeda. Beban ban berada di bagian atas roda. ”Bagian bawah roda dirancang untuk memberikan daya dorong pada jalan berbatu, trotoar dan lainnya,” jelas juru bicara Polaris, Jason Difuccia.

Bentuknya berbeda jauh dibandingkan dengan ban konvensional. Tidak ada struktur donat. Ban tanpa angin ini dirancang lebih fleksibel, dengan karet berada di bagian luar. Tambahan lain, struktur penyangga yang juga lentur.

Meski ditujukan untuk off-road, Polaris mengklaim ban ini bisa dipakai untuk segala medan. Membayangkannya, akan menjadi lebih praktis, tanpa perlu khawatir bocor atau tak usah berpikir membawa ban serep dan dongkrak.

Teknologi ban yang tidak membutuhkan udara ini bukan hal baru. Michelin pernah memamerkannya  pada 2005 lalu. Namun sampai kini, produsen ban Perancis itu tak kunjung memproduksinya secara massal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com