Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Balik Kemudi, Perempuan Lebih Sering Mengumpat

Kompas.com - 11/03/2013, 17:50 WIB

London, KompasOtomotif – Berdasarkan penelitian yang dilakukan Direct Line -perusahaan asuransi - disimpulkan bahwa permpuan lebih suka mengeluarkan kata-kata kotor saat mengemudi ketimbang pria. Umpatan, langsung ditujukan ke orang lain atau dikeluarkan sendiri. 

Dilansir Daily Mail, hasil penelitian yang melibatkan 2.013 pengemudi di Inggris, mengatakan bahwa perempuan lebih cepat kehilangan kesabaran dibandingkan laki-laki. Disimpulkan, 48 persen responden yang suka mengumpat di balik setir adalah perempuan, sedangkan 40 persen laki-laki.

Pengemudi perempuan mengumpat karena jalurnya ”dipotong” pengemudi lain. Terbesar kedua karena informasi dari navigasi GPS ”ngaco”. Selanjutnya, umpatan keluar karena kendaraan lain terlalu dekat di perempatan, tidak menyalakan lampu sein saat berbelok, mengerem mendadak tanpa sebab atau melihat pengendara lain menyetir sambil menelepon.

Lebih dalam, hasil penelitian menemukan, pengemudi berusia 20-29 tahun lebih mudah mengumpat dibandingkan berumur 40-49 tahun. "Tidak bisa dipungkiri, orang sering menggunakan kata-kata kotor saat stress. Orang yang biasa santun, akan memaki sebagai ekspresi terganggu saat menyetir,” ujar juru bicara Direct Line Simon Henrick.

Nah, jika hal tersebut di atas menyebabkan pengemudi perempuan mengumpat, laki-laki justru sering mengumpat jika ada kendaraan lain melaju lambat di jalur cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com