Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Subaru XV: Kombinasi Mesin Boxer dan AWD Simetris

Kompas.com - 08/03/2013, 17:02 WIB

Denpasar, KompasOtomotif - Subaru, satu-satu produsen Jepang yang setia menggunakan mesin boxer sampai saat ini. Mesin yang sama juga diandalkan untuk  SUV urban (crossover)XV yang sempat dirasakan sehari oleh KompasOtomotif dan rekan wartawan lain Jumat lalu di Denpasar- Ubud, Bali, Jumat lalu.

Karena mesin boxer ini pula, Subaru XV punya karakteristik sendiri dibandingkan dengan mobil lain, dengan mesin segaris atau konfiguratasi V tegak. Tak kalah menarik, mesin tersebut dikawinkan dengan All-Wheel Drive (AWD) atau 4x4 full-time simetris. Untuk yang terakhir ini, panjang as (poros) roda di kanan dan kiri sama. 

Dengan kombinasi tersebut, Subaru menawarkan stabilitas yang lebih baik dibandingkan SUV yang lebih tinggi. Mesin boxer, karena datar, membuat titik gravitasinya lebih rendah. Klaim selanjutnya, AWD simetris menghasil grip atau traksi yang lebih baik.

Penampilan
Dari penampilan, ternyata sejak diperkenalkan sebagai konsep pada pada April 2011, sosok XV ini tidak banyak yang diubah. Desain pelek yang khas dan menarik, sedikit diubah, namun sekilas sama. Begitu juga bagian lain. Hanya bola lampu yang berbeda, namun rumahnya sama.

Interior

Saat berada langsung di belakang setir, sudah memberi kesan kompak, namun khas. Unit yang dites adalah XV 2.0i Premium, dengan jok berbungkus kulit. Setiap sandaran jok depan  dilengkapi layar monitor.

Salah satu ciri yang membedakan XV 2.0i Premium dengan standar adalah roof rail. Lainnya, sama! Transmisi yang digunakan CVT 6-percepatan dilengkapi dengan paddle shift dan pengoperasian manual. Subaru menyebutnya Lineartronic.

Suara mesin sangat halus. Begitu juga getaran, sekilas tidak dirasakan ke kabin. Pandangan ke depan, samping dan belakang mantap. Setir dilengkapi tombol-tombol untuk audio (kiri) dan cruise control (kanan). Fitur ini hanya untuk tipe Premium.

Setir saat digerakkan, sedikit lebih berat dibandingkan dengan mobil lain yang menggunakan power steering listrik. Sementara Subaru, mengaku masih menggunakan power steering hidraulik. Kendati demikian, ketika dikebut pada kecepatan tinggi, kontrol setir sangat mantap.

Pengujian dilakukan pada berbagai kondisi jalan mulus, namun juga ada tikungan dan jalan sempit. Kesan yang diperoleh, termasuk lincah dan mudah diajak bermanuver.

Kendati demikian, tenaga atau traksi hanya terasa cukup pada gigi 1-3. Begitu, sudah dikebut pada gigi 4-6 pada kecepatan tinggi, akselerasi terasa lambat. Butuh waktu cukup lama. Penambahan tenaga atau penurunan traksi dengan menurunkan posisi sangat sedikit.

Penumpang belakang
Ruang penumpang belakang cukup lega dengan berlapis kulit memberikan rasa nyaman.Untuk penumpang belakang tersedia dua layar monitor yang dipasang pada penahan kepala penumpang pengemudi dan peumpang depan.

Volume tidak terlalu besar dan di dalam masih terdapat ban serep. Tambahan lain adalah kamera belakang (Premium), audio 6-speaker (tidak sempat dieksploitasi) dan lampu depan yang masih halogen.

Kesimpulan

Dengan harga Rp 3389 - 359 juta dan kelengkapan keselamatan dan kenyamanan yang cukup, XV merupakan pilihan yang sangat menarik. Baik mereka yang aktif di kota dan sekaligus waktu sering mengunjungi daerah dengan jalan yang kurang bagus.

Pasalnya, dimensi XV yang kompak dan gravitas yang rendah, membuatnya stabil ketika bermanuver. Sedangkan dari penampilan, baik dari depan, samping dan belakang, XV gaya dan cenderung sporti.

Di lain hal, sistem 4x4 atau AWD Full-Time dengan sistem Active Torque Split juga sangat membantu menjaga traksi selalu ada atau mencegah terjadinya “spin” bila salah satu roda berada di permukaan jalan yang licin! Pengemudi juga tidak repot mengaktifkan atau mematiskan sistem 4x4.

Menarik juga, hasil tes United State Auto Club (USAC) di Amerika Serikat, dari 5 merek SUV yang dicoba sistem 4x4-nya, Subaru dengan simetris 4WD, paling top. Lihat video!


Ingin foto detil: "Klik Galeri Detil Subaru XV"
 
Spesifikasi
Dimensi (mm)
 
Panjang
4.450
Lebar
1.780
Tingi
1.615
Jarak sumbu roda
2.635
Mesin
 
Kapasitas                                          (cc)
1.995
Sistem pasokan bbm
Injeksi sekuensial, multi-poin
Perbandingan kompresi
10,5
Tenaga maks.                      (PS @rpm)
150 @6.200
Torsi maks.                        (Nm @rpm)
196 @4.200
Kapasitas tangki bensin              (liter)
60
Kecepatan maksimum
187 kpj
Berat mobil
1.415/1.415 kg
Akselerasi 0 – 100 kpj
10,7 detik
Volume bagasi
1.200/1.180 lier
Radius putar
5,3 meter
Ukuran ban
255/55R17,17 x17”J
Harga                                       (Rp) juta
338 - 359
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com