Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RCZ Primadona Peugeot di Indonesia

Kompas.com - 26/02/2013, 18:43 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Peugeot RCZ - sport kupe - ternyata telah menjadi tulang punggung PT Astra International-Peugeot (AI-Peugeot). Pasalnya, tahun lalu, mobil bermesin 1.600cc turbo itu terjual 78 unit atau berkontribusi 25 persen terhadap penjualan Peugeot di Indonesia, melampaui penjualan sedan dan hatchback.

Menanggapi hal ini, CEO AI-Peugeot Constantinus Herlijoso kepada KompasOtomotif mengatakan, banyak orang ingin menikmati hidup dengan menunjukkan status sosial, salah satunya membeli mobil yang tidak banyak dimiliki orang. 

”Orang sekarang banyak yang sudah mapan, dari yang muda sampai senior. Kami pernah mengadakan kumpul-kumpul (gathering) dengan pemilik RCZ. Ternyata, pemiliknya banyak juga yang sudah tua. Ketika ditanya, ternyata mereka ingin menikmati hidup, mobil untuk jalan-jalan di kesempatan khusus. Toh, sedan sudah punya, mobil keluarga juga ada. RCZ dijadikan sebagai simbol kemapanan,” beber Herlijoso.

Mobil dengan mesin bertenaga 156 PS @5.800 rpm, torsinya mencapai 240 Nm @1.400 rpm menggunakan transmisi otomatik triptonik enam percepatan. Jika diadu dengan kompetitor, menurut Herlijoso, sebenarnya spesifikasi yang paling mendekati adalah VW Sciroco. Lalu model spor kupe lainnya adalah Toyota FT86 dan Subaru BRZ. 

Setelah RCZ, menyusul 207 sedandan 3008 crossover. Model lain terjual merata. Tahun lalu penjualan Peugeot 333 unit, sedangkan untuk 2013, dicanangkan 500 unit atau naik hampir 50 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com