Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datsun Melancong ke Afrika Selatan!

Kompas.com - 25/02/2013, 17:15 WIB

Johannesburg, KompasOtomotif – Jumat lalu (22/02/2013), Vicent Cobee, Corporate Vice President  Nissan Motor Co. Ltd., yang dipercaya memimpin proyek Datsun, mengumumkan bahwa Datsun yang sebelumnya diutamakan untuk Indonesia, India dan Rusia, dipastikan juga akan dipasarkan di Afrika Selatan.  Sementara itu, Nissan Motor Co., induk dari Datsun, baru mengumumkan rencana tersebut dari markasnya, Yokohama, Jepang hari ini.

Merek Datsun dihidupkan kembali oleh Nissan setelah dihibernasi sejak 1981. Merek ini dirancang khusus untuk dipasarkan ke negara-negara dengan pertumbuhan ekonomi tinggi. Untuk Afrika Selatan, model pertama yang akan dipasarkan adalah  mobil penumpang, diluncurkan di akhir 2014.

Nissan Power 88

Dijelaskan, merek Datsun dihidupkan kembali pada 2010, merupakan bagian dari ambisi Nissan Power 88 - target jangka menengah Nissan - meraup 8 persen pangsa pasar global dan 8 persen keuntungan pada tahun fiskal 2016.

“Kembalinya Datsun merupakan program ekspansi kami ke pasar negara-negara dengan pertumbuhan cepat. Di negera tersebut, segmen orang mudah berpendapatan tinggi terus tumbuh (mushroomingupwardly-mobile segment),” jelas Vincent Cobee, yang juga juga wawancara eksklusif dengan KompasOtomotif pada 6 Februari lalu.

Nissan tampak sangat percaya diri dengan kehadiran Datsun ini. “Nilai utama Datsun, sudah sangat dikenal, andal dan moderen. Dirancang  untuk mengakomodasi kebutuhan dan aspirasi anak muda berpendapatan tinggi tersebut. Sama dengan kostumer yang tumbuh di Jepang, Amerika Serikat dan sebagian besar negara lain pada abad ke-20,” lanjut Cobee.

Nomor satu

Nissan memutuskan menghadirkan Datsun di Afrika Selatan karena memang sangat dikenal di negara paling selatan benua Afrika tersebut. Diceritakan oleh Moneyweb.co.za, Datsun pertama kali hadir di negara tersebut pada 1958, yaitu pada Pretoria Show dengah meghadirkan Bluebird jkemudian dikenal sebagai SSS (triple S).Dua model Datsun yang sangat populer di negara di Afrika Selatan adalah 120Y dan SSS yang sempat menjadi nomor satu antara 1976 dan 1978.

Makna Logo

Juga dijelaskan logo Datsun telah berubah dari sebelumnya. “Porsi bagian dalam mempresentasikan logo Datsun asli dengan bentangan biru di atas matahari terbit. Ini refleksi semangat ketulusan yang membawa kesuksesan,” jelas Cobee. Dilanjutkan, matahari terbit, menghadirkan energi kebangkitan untuk menyongsong kehidupan yang lebih di masa yang akan datang, bentangan biru, menghadirkan integritas murni yang dibangun dengan solusi inovatif. Bentuk luar menghidupkan kembali dan modernisasi merek Datsun baru. Warna biru, wujud dari warisan yang menjadi akar ketulusan dan kepercayaan.

Asal-usul

Datsun asli dalam bahasa Jepang adalah DAT-GO (Dat-mobil)  yang berdiri hampir seabad lalu, tepatnya 1914. Kata DAT dalam bahasa Jepang berati “secepat kilat”. Kendati demikian, juga bisa singkatan dari tiga nama pemodal yang membantu bisnis Datsun waktu itu, yaitu Den, Aoyama dan Takeuchi.  Singkatan itu juga digunakan untuk mempromosi konsep mobil yang dibuat Durable, Attractive dan Trusthworthy. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com