Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Bantu Bikin "Rain Water Harvesting"

Kompas.com - 19/02/2013, 09:39 WIB

Jakarta, Kompasotomotif - Minimnya akses terhadap air bersih dan kurang bagusnya sanitasi serta perilaku tidak sehat masyarakat Indonesia membuat perlunya pendidikan terhadap masyarakat yang dimulai dari usia dini, sejak di sekolah dasar dan menengah. Atas dasar kedua faktor tersebut, Yamaha tergerak berpartisipasi aktif dengan tindakan nyata berupa donasi pembuatan RWH atau Rain Water Harvesting (memanen air hujan). Suatu teknik sederhana dan murah untuk mendapatkan sumber air yang berkelanjutan dan permanen.

Kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) Yamaha ini bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta dan mendapat dukungan dari Pemda DKI Jakarta. Donasi Rp. 400.000.000 diberikan langsung kepada pihak Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya yang diwakili dr.M.Marcia M Direktur Utama RSAJ (Rumah Sakit Atmajaya), dr Lukas Kristanda Kepala Layanan Komunitas dan drg Liling sebagai Koordinator pembangunan RWH, dengan disaksikan bapak Wakil Gubernur DKI Jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M.

Dana itu ditujukan untuk pembangunan dua RWH di tiga sekolah di Kecamatan Penjaringan, kawasan Jakarta Utara, yang merupakan daerah binaan Universitas Atmajaya. Tiga sekolah tersebut SDN Kapuk Muara 05 (pagi), SDN Kapuk Muara 06 (petang) dan SMPN 122 Kapuk Muara.

”Kami harapkan CSR Yamaha ini dapat membantu masyarakat dan juga adik-adik murid SD dan SMP dalam penyediaan air bersih dan sanitasi yang sehat. Kami harapkan juga ribuan perusahaan swasta di Jakarta, bisa bersama-sama berperan aktif membantu masyarakat dalam penyediaan air bersih secara RWH, sekaligus mengurangi pemakaian air tanah dan mengurangi potensi banjir,” papar Dyonisius Beti, Executive Vice President Yamaha Indonesia dalam rilis yang diterima KompasOtomotif semalam (18/2).

Sementara Wakil Gubernur DKI Jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama,M.M memuji kegiatan CSR seperti dilakukan Yamaha sangat bagus. Saya mengajak perusahaan-perusahaan swasta lainnya untuk melakukan kegiatan positif seperti ini.

Usai pemberian donasi ini, pekan depan dilanjutkan dengan workshop dan pembangunan RWH yang akan selesai dibangun satu bulan lamanya.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com