Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bajaj Pulsar 200NS Mendarat di Kolombia

Kompas.com - 18/02/2013, 16:56 WIB

Bogota, KompasOtomotif – Setelah meluncur di India lebih satu tahun, akhirnya Bajaj Pulsar 200NS mendarat juga di negara lain. Kolombia kini bisa menikmati raungan mesin 200cc Bajaj berteknologi terbaru yang bisa diadu dengan KTM Duke 200. Tipe ini sangat ditunggu bikers di sana karena dirasa ideal untuk pengendara dengan badan tinggi besar.

Kehadiran Pulsar 200NS bisa mendongkrak penjualan merek ini di negara Amerika Latin itu setelah sukses dengan 220F yang sudah meluncur dua tahun lalu. Secara spesifikasi, sepeda motor ini menggiurkan karena dari mesin 200cc tersembur tenaga 23,52 PS di 9.500 rpm dan torsinya 18,3 Nm pada 8.000 rpm. Jantung pacu ini  diklaim mirip KTM Duke 200 satu silinder berpendingin air.

Meski demikian, konstruksi kepala silindernya masih SOHC, sedang KTM Duke 200 sudah DOHC. Pulsar 200NS punya empat klep dengan mekanisme pengoperasian mirip Yamaha V-Ixion. Satu rocker arm langsung mendorong dua klep sekaligus. Suplai bahan bakar deras dari karburator UCD 33 mm yang masuk ke ruang bakar dipantik oleh tiga busi. Teknologi tiga busi ini kabarnya mampu membuat konsumsi bahan bakarnya lebih hemat.

Semakin Dekat ke Indonesia
Biasanya, setelah Kolombia, Indonesia menjadi target selanjutnya seperti pengalaman Pulsar 220F yang masuk ke Tanah Air  beberapa bulan kemudian. Kondisi ini berbanding lurus dengan pernyataan Dinesh Kulkarni, Vice President PT Bajaj Auto Indonesia (BAI) akhir tahun lalu. Dijelaskannya, rencana awal kedatangan Pulsar 200NS akhir 2012 harus diundur hingga - kemungkinan besar - Maret 2013. Sementara di Kolombia sudah dipasarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com