Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek Premium Rusia untuk Menghadang Jerman

Kompas.com - 15/02/2013, 07:56 WIB

Moskow, KompasOtomotif – Produsen mobil di Russia bimbang! Pemerintah menginginkan semua merek lokal punya merek premium untuk mematahkan dominasi Barat, khususnya trio Jerman, BMW, Mercedes-Benz dan Audi. 

Menteri Perindustrian dan Perdagangan Russia, Denis Manturov mengatakan, sudah saatnya produsen dalam negeri mengembangkan merek  premium untuk dijual sebagai produk global. Ia meminta tiga produsen seperti ZiL, Marussia Motors dan Nizhny Novgorod (GAZ Group) untuk segera bikin proposal.

”Negara akan sangat mendukung langkah ini, kami menanti proposal dari kettiga produsen tersebut. Saya berharap, pertengahan tahun kita sudah punya visi dan skenario yang saya ungkapkan ini. Juga langkah yang akan kita ambil untuk merebut pasar merek premium ke depan,” tegas Manturov, dikutip koran pemerintah, Rossiiskaya Gazeta, (14/2).

Saat ini, ZiL dipercaya membuat mobil anti peluru untuk kepresidenan Russia. Juru bicaranya, Tatiana Lomakina, belum bisa menanggapi banyak keinginan sang Menteri. Saat ini perusahaan tersebut tetap fokus menyiapkan mobil lapis baja untuk Presiden Vladimir Putin. ”Kami akan memikirkan strategi pemasaran untuk ini (merek premium),” katanya.
 
Jika ZiL menyambut baik, GAZ Group masih menutup diri. Merek yang beberapa produknya juga beredar di Indonesia sejak zaman perang itu bungkam sampai pemerintah menegaskan pilihannya untuk model. Sedangkan Marussia hanya menyatakan bahwa proposal sedang diproses dan akan diajukan.

Penjualan mobil premium di Russia booming tahun lalu yang dinikmati oleh BMW dan Mercedes-Benz dan Audi. BMW panen di Russia dengan penjualan 37.515 unit, naik 33 persen dibanding 2011. Mercedes-Benz juga menikmati kenaikan 29 persen, dengan total penjualan 37.436 unit. Sementara Audi naik 44 persen, dengan total penjualan 33.512 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com