Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Verza 150 Butuh 154 CC Bensin Menempuh Jarak 19 km

Kompas.com - 09/02/2013, 19:59 WIB

Surabaya, KompasOtomotif - Bersamaan dengan peluncuran Honda Verza 150, di pelataran parkir timur Plaza Surabaya, Jawa Timur, hari ini (9/2), Astra Honda Motor (AHM) dan MPM Motor (dealer utama Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur) bekerjasama menggelar lomba irit bahan bakar. Disediakan 20 unit   untuk para peserta yang merupakan media dari Jakarta dan Surabaya yang dilepas oleh jajaran manajemen AHM Koichi Mizuno (Direktur Pemasaran), Agustinus Indraputra (GM Marketing Planning & Analysis Division) serta dari MPM dan AKBP Sabilul Alif (Kasatlantas Polrestabes Surabaya).

Peserta dibagi 5 dan dilepas per 4 orang. KompasOtomotif dapat sepeda motor no.17 dan masuk rombongan keempat. Rutenya di seputaran Kota Pahlawan dengan jarak 19 km. Start dimulai jam 09.30 WIB dari Plaza Surabaya menuju jalan Yos Sudarso, Selamet, Kusuma Bangsa, Gubeng, Biliton, Kertajaya, Dharmawangsa,  Pacar Keling, Jolotundo, Tambang Boyo, Kali Kepiting, Kalijudan, Kenjeran, Karang Asem, Residen Sudirman, Gubeng dan kembali ke Plaza Surabaya.

Diuji kesabaran
Selepas gapura start, peserta langsung dihadang oleh hiruk-pikuk kendaraan  di depan area perbelanjaan ini, tapi kondisi lalu lintas tergolong lancar. Bukaan gas langsung diurut dan disesuaikan dengan momen pelepasan tuas kopling. Menurut teknisi AHM kondisi paling irit berada di kecepatan konstan 30-40 kpj. Ada sedikit kesulitan menentukan saat pergantian posisi gigi karena pada panel meter tidak tersedia petunjuk  putaran mesin (RPM).

Kesabaran diuji pada lomba kali ini, lantaran tarikan Verza yang memiliki teknologi injeksi PGM-FI ini cukup enak untuk digeber. Apalagi mesin berkapasitas 150 cc, SOHC silinder tunggal ini memiliki tenaga 13,2 PS dan diklaim mampu akselerasi 0 - 200 m dalam 11,5 detik. Tarikannya terasa ringan, dan mudah disesuaikan. Jadi untuk mengembangkan kecepatan hingga area optimal pada posisi gigi 5 (paling tinggi) sangat cepat dicapai.

Belum lagi kondisi lalu lintas yang ramai dan macet di beberapa tititk, ditambah ada beberapa permukaan jalan berlubang dan bergelombang. Strategi amat diperlukan ketika melewati pertigaan atau perempatan. Laju kendaraan diatur agar saat melewati persimpangan bersamaan dengan lampu rambu hijau. Kala melewati lalu lintas yang ramai, meski  sepeda motor sport,  untuk aksi selap-selip cukup luwes. Sedikit butuh pengawasan lebih adalah desain spion yang agak keluar (posisinya lebih panjang dari setang) agar tidak bersentuhan dengan kendaraan lain ketika merayap di antara sela-sela kendaraan

Hasil
Setelah menempuh rute selama hampir 1 jam akhirnya peserta satu persatu menyentuh garis finish. Panitia langsung mengecek segel yang telah ditempel pada tangki dan kunci. Metode yang diterapkan kali ini adalah dari posisi bensin penuh dan kembali diisi hingga penuh seperti kondisi awal (full to full) menggunakan gelas ukur. Nah, KompasOtomotif  menghabiskan bahan bakar yang digunakan Pertamax adalah 154 cc untuk jarak 19 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com