Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
MotoGP

Valentino Rossi: Kami Bisa Bertarung!

Kompas.com - 08/02/2013, 05:55 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

SEPANG, KOMPAS.com — Valentino Rossi mengakhiri uji coba resmi pramusim MotoGP 2013 dengan hasil yang memuaskan. Pada hari terakhir uji coba di Sirkuit Sepang, Malaysia, Kamis (7/2/2013), "The Doctor" finis di posisi ketiga, setelah pada dua hari pertama dia selalu di posisi keempat.

Kenyataan ini membuat Rossi cukup optimistis menghadapi musim barunya bersama tim Yamaha. Meskipun dalam dua musim terakhir dia "tersiksa" bersama Ducati, Rossi merasa dirinya mulai bisa bangkit.

"Saya sangat senang," ujar Rossi, berbicara di dalam area hospitality di Sepang, seusai uji coba tersebut. "Saya tidak bisa mengharapkan sebuah awal yang lebih bagus pada petualangan baru ini karena uji coba pertama bagi kami begitu positif.

"Saya memiliki beberapa masalah. Saya tidak tahu bagaimana kompetitifnya diriku dan pada akhir dari tiga hari uji coba ini, saya jauh lebih senang dan santai. Saya pikir, kami bisa bertarung untuk beberapa hasil penting, karena saya cepat dan kompetitif."

Rossi mengungkapkan hal tersebut merujuk pada perkembangannya selama tiga hari uji coba resmi ini. Meskipun masih sulit mengalahkan pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, dan rekan setimnya di Yamaha, Jorge Lorenzo, yang selalu berada di depan, tetapi Rossi bisa memangkas selisih waktu.

Secara keseluruhan selama uji coba ini, Rossi terpaut 0,4 detik dari Pedrosa, yang mendominasi tiga hari tes tersebut. Adapun dengan Lorenzo, juara dunia 2010 dan 2012, Rossi hanya tertinggal 0,113 detik.

Pada hari ketiga ini, Rossi berhasil mengalahkan catatan waktu rookie MotoGP yang merupakan rekan setim Pedrosa, Marc Marquez, yang dalam dua hari pertama selalu di urutan ketiga. Inilah yang membuat Rossi senang dengan pencapaiannya di hari terakhir.

"Selama tiga hari ini positif, tetapi hari ini adalah yang terbaik - pertama karena saya di posisi ketiga dan tidak keempat dalam catatan waktu terbaik. Jadi, saya secara hipotetis berada di barisan depan!"

"Biasanya, dalam dua tahun terakhir, saya hanya bertarung untuk barisan ketiga atau keempat (saat kualifikasi) sehingga ini akan menyenangkan memulai dari barisan pertama tahun ini!"

"Juga catatan waktu lap lebih bagus dan saya selalu mengalami perbaikan, seperti halnya para pebalap di depan. Jarakku dari pole position adalah 0,4 detik. Ini bagus dan saya sangat senang dengan hal ini."

Meskipun demikian, juara dunia tujuh kali MotoGP ini mengakui bahwa Pedrosa dan Lorenzo sedang dalam puncak karier mereka sehingga sulit untuk ditaklukkan. Meskipun demikian, pebalap berusia 33 tahun ini tetap bertekad untuk bisa mengejar dua pebalap Spanyol itu.

Setelah ini, para pebalap MotoGP akan kembali menjalani uji coba resmi kedua di Sirkuit Sepang pada 26-28 Februari, sebelum menjalani uji coba resmi terakhir di Jerez pada bulan Maret. Tetapi sebelum ke Jerez, Rossi dan Lorenzo akan bergabung dengan para pebalap tim Honda, yang sudah memberikan konfirmasi untuk menjalani uji coba privat di sirkuit baru Austin, 12-14 Maret.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com