Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Januari, Honda Kuasai 58 Persen Pasar Sepeda Motor

Kompas.com - 07/02/2013, 08:08 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Penjualan sepeda motor di Indonesia selama Januari 2013, hanya naik 219 unit, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, yaitu dari 645.863 menjadii 686.082 unit.Komposisinya, Honda 398.200 unit, Yamaha 203.051 unit, Suzuki (34.718 unit), Kawasaki (10.399) dan TVS (714). Dengan ini berarti, Honda menguasai pangsa pasar 58 persen, Yamaha 29,6 persen dan Suzuki 5 persen dan Kawasaki 1,5 persen.

Peningkatan kecil tersebut, menurut Thomas Wijaya, Wakil Manajer Umum bidang Penjualan, PT Astra Honda Motor (AHM), beberapa merek meluncurkan model baru. Selain itu, harga komoditas di luar Jawa yang mulai berangsur pulih, juga ikut menaikkan penjualan. "Akhir tahun lalu, kontribusi Sumatera terhadap penjualan nasional hanya 18-20 persen, Januari sudah naik 2 persen," beber Thomas.

Sementara itu, Johannes Loman, Wakil Ketua Umum AISI mengatakan, tiga bulan pertama tahun ini masih ada kesempatan penjualan naik batas minimal uang muka syariah belum djalankan. "Kami perkirakan,  bisa tumbuh 4 persen dari tahun sebelumnya," komentar Loman, juga Wakil Presiden Direktur Eksekutif, AHM. Sementara di luar Jawa  tumbuh 5 persen. 

Ditambahkan, penjualan akan turun lagi, setelah batas DP minimal bank syariah berlaku. "Kami perkirakan turun! Mudah-mudahan tidak terlalu besar," lanjut Loman.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com