Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
MotoGP

Ducati Perlu Perubahan Besar untuk Saingi Honda dan Yamaha

Kompas.com - 07/02/2013, 22:51 WIB

SEPANG, Kompas.com - Pebalap Ducati, Nicky Hayden dan Andrea Dovizioso, merasa yakin perlu ada perubahan besar pada sepeda motor 2013 jika ingin kompetitif. Kayakinan itu terungkap setelah mereka mengalami hasil yang buruk selama tiga hari uji coba resmi pra-musim di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Sejak uji coba itu dimulai Selasa (5/2/2013) dan berakhir Kamis (7/2), empat pebalap Ducati selalu berada di belakang pasukan Honda dan Yamaha. Bahkan, mereka kesulitan untuk bisa menembus posisi 10 besar, dan tak pernah bisa memangkas jarak dengan pebalap terdepan, hingga mencapai 1,5 detik.

Memang, Hayden menyadari bahwa trek GP Malaysia bukanlah sirkuit favorit Ducati. Tetapi, juara dunia 2006 ini mengatakan bahwa waktu untuk pembaruan kecil sudah berlalu.

"Kami tentu saja tidak senang ketika catatan waktu kami begitu jauh dari para pebalap di depan meskipun kami tahu ini akan sulit," ujar pebalap Amerika Serikat itu.

"Sepang tak pernah menjadi trek yang bagus bagi Ducati. Kami balapan di sini pada bulan Oktober, dan sepeda motor tak banyak berubah sejak itu.

"Kami menemukan beberapa hal kecil selama uji coba, yang mana membuat kami bisa meningkatkan konsistensi pada hari ketiga. Tetapi saya pikir kami memerlukan sesuatu yang besar."

Rekan setimnya yang baru bergabung, Dovizioso, yang merupakan mantan pebalap Honda yang bergabung dengan Ducati dari Yamaha Tech 3, mengatakan bahwa uji coba ini paling tidak memperlihatkan bahwa skuad Italia menghadapi tugas besar.

"Kami di sini untuk memperbaiki situasi dan setiap orang tahu level kami sekarang. Jadi, kami harus berubah," ujar pebalap Italia ini.

"Kami sudah melakukan uji coba banyak hal semampu kami, karena kami fokus untuk memperbaiki sepeda motor. Gap dengan yang lain besar, dan kami banyak mendorong untuk memahami sepeda motor.

"Kami tak tahu bagaimana dengan uji coba berikutnya yang juga di Sepang. Waktunya terlalu singkat antara sekarang dan yang akan datang, sehingga sulit untuk melakukan hal besar pada saat ini.

"Kami masih harus memutuskan bagian mana yang kami bisa bawa pada uji coba kedua. Sayang, kami perlu waktu untuk mencoba hal yang besar."

Direktur Ducati MotoGP, Paolo Ciabatti, mengakui bahwa uji coba ini merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan. Pasalnya, mereka terlalu jauh dengan para pebalap di depan, meskipun dia menyadari bahwa pada dasarnya Ducati perlu pengembangan yang signifikan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com