Rabu, 23 April 2014

Otomotif


Mazda Ubah Suzuki Ertiga Menjadi VX1

Penulis: Agung Kurniawan | Senin, 21 Januari 2013 | 14:31 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : indianautosblog | Author : -

    Sosoknya identik dengan Ertiga.

  • Sumber : indianautosblog | Author : -

    Mazda VX-1 akan dipesan utuh kepada Suzuki dirakit di Pabrik Tambun, Jawa Barat.

Jakarta, KompasOtomotif - Rencana PT Mazda Motor Indonesia memasarkan MPV 7-penumpang entry level  dengan nama VX-1 terkuat akhir pekan lalu di India. Ternyata, VX-1 adalah Suzuki Ertiga yang berganti emblem dengan Mazda. Foto Mazda mengganti nama Ertiga dengan VX-1 sudah beredar di berbagai media.

Sementara itu, informasi yang diperoleh KompasOtomotif dari seseorang yang mengetahui rencana ini di Indonesia, rencana Mazda memasarkan  Ertiga dengan merek sendiri  merupakan hasil keputusan kedua prinsipal (di Jepang). Nantinya, Mazda VX-1 juga dirakit pada pabrik Suzuki Indonesia (Suzuki  Indomobil Motor), di Tambun, Jawa Barat dalam waktu dekat.

"Rencana ini masih sangat rahasia, tetapi Suzuki melihatnya sebagai potensi pasar. Bukan masalah memasarkan produk yang sama dengan merek berbeda. Dulu Suzuki juga merakit Mitsubishi Maven yang merupakan kembaran dari APV," jelas sumber itu kepada KompasOtomotif, hari ini (21/1/2013).

Bahkan, kini juga ada produk yang sama, yaitu Carry dan Colt-T120SS. Sayang sumber itu belum mau membuka seluruh rencana pemasaran Mazda VX-1, termasuk jadwal peluncuran dan harga. 

Guna memastikan, KompasOtomotif juga mencoba mengubungi Davy Tuilan, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Jaringan Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Tapi sayang, pria berkacamata itu belum,mau berkomentar. "Soal tersebut no comment mas," jelas Davy, singkat.

Sama seperti Davy, Manajer Pemasaran PT Mazda Motor Indonesia (MMI) Astrid Ariani Wijana juga tidak mau berkomentar lebih lanjut soal bocoran informasi ini. "Kalau yang itu, kita belum bisa  memberikan komentar," ujar Astrid sambil tersenyum.

Identik
Gambar yang diunggah di forum pengguna Ertiga di Indonesia, terlihat Mazda VX-1 hampir tidak ada bedanya dengan Ertiga. Ubahan hanya terlihat pada gril sedikit berbeda bersama logo Mazda. Bagian eksterior lain seperti lampu, bemper sampai lampu kabut semuanya sama! 

Interior juga sama, termasuk panel meter, tombol pendingin ruangan, tuas transmisi manual dan lingkaran kemudi yang kini juga sudah menempel emblem Mazda. Sisanya, sama!

Dengan menjamah segmen MPV low, Mazda berharap bisa menaikkan penjualannya lebih besar lagi di Indonesia. Namun perlu diperhatikan, dengan klaim sebelumnya sebagai merek premium Jepang, status Mazda akan berubah dengan hadirnya VX-1. 

 

 


Editor : Zulkifli BJ