Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas! Lumpur, Lubang, dan Kerikil Bertebaran Pasca Banjir

Kompas.com - 18/01/2013, 15:45 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Banjir Ibu Kota belum sepenuhnya reda, masih banyak genangan di beberapa ruas yang membuat pengendara harus mencari jalan alternatif untuk sampai tujuan. Tapi masalah lain datang, mulai banyaknya lubang, lumpur, dan kerikil yang sangat mengganggu, terutama di kawasan yang genangan airnya mulai surut.

Dalam pantauan KompasOtomotif,  hari ini (18/1) di Bundaran HI dan sekitarnya, sebagian ruas jalan MH Thamrin dipenuhi lumpur, bahkan bercampur kerikil. Di ruas jalan protokol lain seperti Jl Jenderal Sudirman, dan menuju Casablanca, lubang banyak ditemui akibat struktur jalan aspal yang sedikit demi sedikit tergerus karena genangan air.

Menurut Bripka Eka, salah satu petugas Polantas yang berjaga-jaga di kawasan Bundaran HI, lumpur memang cukup banyak dan membahayakan. Jika air kembali menggenang, lumpur dan kerikil akan bertahan beberapa hari. ”Kami mengimbau masyarakat untuk mengontrol kecepatan. Tidak ada 3 in 1 hari ini dan semua pengendara wajib berhati-hati,” pesannya.

Kepada KompasOtomotif  (18/1), Bripka Eka menyebut sudah ada beberapa pengendara sepeda motor yang hampir celaka karena terpeleset lumpur. Ada juga laporan di ruas jalan lain yang menyebut ada pengendara terjatuh karena kerikil yang bertebaran dan menghilangkan ”grip” ban sepeda motor.

”Biasanya ada di tikungan yang dari jauh tidak kelihatan, tapi ketika dilewati, tiba-tiba terpeleset. Lampu pengatur lalu lintas belum aktif di sejumlah ruas, tapi pengendara tetap harus mengurangi kecepatan, sambil menunggu situasi normal kembali,” ujarnya.

Karena kondisi jalan berlubang, digenangi lumpur, dan dipenuhi kerikil, yang perlu dilakukan menurut Bripka Eka adalah sebagai berikut:
1. Pengendara wajib selalu waspada meski jalan masih lengang. Mengontrol kecepatan adalah langkah bijak dalam situasi seperti ini.
2. Waspada tikungan. Usahakan tidak menikung terlalu miring, dan tetap memperhatikan kecepatan dan posisi kendaraan. Tidak hanya sepeda motor, mobil juga berpotensi selip.
3. Lewati ruas jalan yang ”bersih” dari kotoran, tapi tetap menghormati pengendara jalan lain.
4. Tetap memperhatian rambu-rambu lalu-lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com