Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boleh Terjang Banjir, tapi Amankan Komponen Satu Ini

Kompas.com - 18/01/2013, 07:02 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Buat pengendara mobil yang pagi ini terpaksa harus ke kantor atau ada urusan penting, kalau pun terpaksa harus mengandalkan kendaraan pribadi, kondisinya harus baik. Baik rem, mesin, dan keempat roda. Yang lebih penting lagi, harus menerjang genangan air di sejumlah titik. Nah, Budi kepala bengkel GAC dan Wie Wie Rianto dari Firna memberi tips "darurat" saat melewati air.

Pengemudi harus mengatahui tingginya posisi saluran hisap (intake). Tujuannya, berkaitan dengan ketinggian air yang akan diterabas. Disarankan genangan air yang hendak dilewati tidak lebih tingginya dari 30 cm atau sekitar setengah pelek. Jika lebih dari itu,  air dengan mudah masuk ke ruang bakar melalui saluran isap (water hammer).

Makanya, penting diketahui ujung  dari intake yang biasanya  berada di dekat gril. Tapi, ada juga yang posisinya terletak di bagian bawah. Selain itu ada cara mengantisipasinya, seperti yang diberikan oleh Budi. Katanya, copot belalai yang menempel di kotak filter udara. Biasanya diikat dengan pengunci (klem) yang bisa dilepas memakai obeng kembang atau kunci ukuran 8 atau 10. Setelah itu biarkan terlepas begitu saja. Dengan begitu intake akan menyedot udara dari posisi yang lebih tinggi.

 Wiewie Rianto menambahkan, selain melepas belalai intake yang posisinya masih tergolong rendah, juga kendurkan pengunci rumah filter udara dan diganjal dengan kertas atau sedikit posisinya agar ada ruang udara masuk (lihat foto). Biarkan penutupnya (bagian atas rumah filter udara) tetap terpasang dengan mengunci beberapa bagian saja.Usahakan yang terbuka di bagian belakang dekat dinding pembatas ruang mesin dengan kabin.

"Saya sudah mencoba sendiri cara tersebut. Waktu itu menggunakan BMW Seri 3 saat menerabas banjir yang tingginya sudah menenggelamkan hampir seluruh bemper depan. Semuanya berjalan baik dan air tak masuk intake. Jangan lupa, setelah sampai tempat tujuan sambungkan lagi belalai dan sempurnakan penutup rumah filter udara dengan melepas ganjalan lalu kunci dengan benar," papar Wiewie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com