Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shorai, Aki Lithium-iron untuk Moge

Kompas.com - 16/01/2013, 07:17 WIB

Jakarta, KompasOtomotif –Shorai, aki atau baterai generasi baru dari Amerika Serikat dengan teknologi Jepang - lebih ringan dan tahan lama – kini telah dipasarkan di Indonesia. Aki ini dipasarkan khusus untuk sepeda motor besar (moge). Beratnya hanya 500 gram, bandingkan dengan aki konvensional 9 ampere berbobot 5-6 kg.

Shorai bisa ringan karena menggunakan lithium iron (eXtreme-Rate Lithium Iron Pricmatic Cells-LiFePO4), tidak mengandung zat asam berupa cairan. Kemasannya juga khusus, komposit karbon (carbon composite): selain ringan juga kuat.
 
Di Indonesia, Shorai dipasarkan oleh Dunia Motor (distributor) dengan garansi  enam bulan. Umur pakai diklaim bisa mencapai lima tahun. Ketika didiamkan di sepeda motor selama setahun tanpa diisi ulang, masih bisa digunakan.
 
”Posisi pasangnya bisa bermacam-macam karena tidak harus menghadap ke atas. Untuk modifikator, ini sangat membantu mendesain sepeda motor yang dimodifikasi,” terang Alex, salah satu dari pemilik Dunia Moge.
 
Dijelaskan pula, untuk menghidupkan mesin moge butuh tenaga lebih besar. Karena itu, dengan aki konvensional, mesin motor meletup beberapa kali. Dengan Shorai, maksimal dua kali.
 
Kelebihan lain, dilengkapi dengan memori elektronik yang bisa diakses dengan koneksi USB  untuk mengetahui kondisi baterai.
 
Harga, untuk 9 ampere dipatok Rp1,45 juta, 14 ampere Rp 2,2 juta dan 18 ampere Rp 2,5 juta. ”Sebenarnya  juga bisa untuk sepeda motor ber-cc kecil. Universal. Hanya, harga agak mahal. Karena itu pemasarannya, kami fokus ke pemilik moge,” lanjutAlex.
 
Ke depan, Dunia Moge jakan menyediakan aki Shorai untuk sepeda motor Victory dan Harley-Davidson dengan  arus 27-36 ampere. Harga diperkirakan tak lebih dari Rp 3 juta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com