Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambisi Besar Honda di AS

Kompas.com - 15/01/2013, 12:34 WIB

Detroit, KompasOtomotif - Honda Amerika Serikat berambisi mencapai rekor penjualan baru tahun ini 1,55 juta unit, sama seperti 2007. Untuk itu, Honda harus bisa mendongkrak penjualan 9 persen tahun ini dibandingkan tahun lalu1,42 juta unit dan 1,15 juta unit pada 2011.

"Target kami menantang untuk rekor penjualan tertinggi 2007 lalu," tegas, CEO Honda AS Tetsuo Iwamura yang dilansir Autonews (14/1/2013). Target  ini terbilang terlalu optimis, karena pada 2007 penjualan di AS mencapai 16,2 juta unit. Sedangkan tahun ini ditaksir hanya 14,8 juta unit. Diperkirakan, penjualan di AS tahun ini akan mencapai 15,3 juta unit.

Optimisme Honda punya landasan. Tiga produknya, Accord, CR-V dan Civic tercatat sebagai model terlaris di AS. Versi penyegaran juga sudah disiapkan. "Tahun ini kesempatan baik. Kami punya banyak momentum, kapasitas produksi penuh untuk memasok pasar AS," komentar CEO Honda Motor Company (prinsipal) Takanobu Ito.

Berlanjut
Pertumbuhan penjualan Honda tidak hanya tahun ini saja, juga berlanjut ke 2014. Honda berencana meluncurkan Fit (Jazz) crossover yang diproduksi di pabrik Celaya, Meksiko dengan kapasitas maksimum 200.000 unit. Honda juga berusaha mengurangi ketergantungan impor dari Jepang. Tahun lalu, penjualan Fit di bawah 50.000 unit untuk mencegah kerugian karena nilai yen yang terus menguat.

"Dibandingkan dengan merek lain, posisi pabrik kami di Amerika Utara lebih baik. Kami ingin meningkatkan keuntungan lebih besar lagi," tutup Ito.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com