Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Didemo di Detroit Motor Show

Kompas.com - 14/01/2013, 10:38 WIB

Detroit, KompasOtomotif — Nissan Motor Company harus menghadapi kenyataan pahit di Detroit Motor Show (NAAS) pada hari pertama (14/1/2014). Para pengunjuk rasa yang tergabung dalam kelompok Aliansi Mississippi ini memprotes Nissan untuk menghargai hak-hak berorganisasi pekerjanya di pabrik Canton.

Mereka membeberkan upaya Nissan untuk tidak merestui terbentuknya serikat pekerja di pabrik, bahkan tidak memberi dukungan. "Nissan memang merakit mobil bagus, tetapi harus bisa menghargai hak dan harga diri pekerjanya," komentar Pendeta IIsiac Jackson, Pemimpin Aliansi Mississippi, dalam pernyataan resminya yang dilansir freep.com (13/1/2013).

Aksi protes ini langsung ditanggapi Nissan yang kini memiliki 5.000 pekerja di pabrik Canton. Mereka menampik ada upaya intimidasi dari petinggi Nissan terhadap pekerjanya untuk bergabung dalam serikat pekerja. Mereka justru menilai minim pekerja yang peduli terhadap keberadaan serikat pekerja.

"Tuntutan ini tidak beralasan. Pekerja Nissan di Canton menikmati pekerjaannya karena memperoleh rata-rata gaji tertinggi, keuntungan berlipat, dan lingkungan bekerja yang nyaman, transparan, dan saling menghargai," beber Nissan.

Dalam aksi protes ini, Aliansi Mississippi juga didukung aktor Hollywood, Danny Glover (66) yang terkenal lewat film Lethal Weapon bersama Mel Gibson di era 1990-an. Aktor kulit hitam ini dikenal sebagai aktivis dan sering terlibat dalam perjuangan bersama warga Mississippi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com