Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Lewati Rekor Penjualan 2 Juta unit di Amerika Serikat

Kompas.com - 31/12/2012, 16:57 WIB

Detroit, KompasOtomotif - Ford Motor Company kembali menembus penjualan 2 juta unit tahun ini di Amerika Serikat (AS), dua kali berturut-turut sejak 2011. Lonjakkan penjualan terjadi mulai September berkat peluncuran Focus. 

Ford juga  satu-satunya merek yang berhasil menjual 2 juta unit tahun ini di AS. Berikutnya adalah Chevrolet, Toyota, Honda, Nissan, Hyundai, Kia, Dogde, Jeep dan Volkswagen. Total jualan Ford tahun ini mencapai 2,2 juta unit, naik dari tahun lalu 2,1 juta unit

"Sebelum resesi 2008, penjualan 2 juta unit setahun adalah hal biasa. Setelah itu, semua berubah. Kami satu-satunya merek yang berhasil kembali ke posisi sebelum resesi," beber Erich Merkle, Analis Penjualan Ford yang dikutip Autonews (30/12/2012).

Selain Focus, Ford juga mengandalkan pikap F-Series yang juga tercatat sebagai produk terlaris di AS dan Fiesta. "Focus dan Fiesta mewakili  strategi 'One Ford Global'. Dalam tiga tahun, Ford berhasil bertransformasi jadi pemain mobil kompak global," beber Jim Farley, Global Sales and Marketing Chief, Ford.

Sepanjang Januari-November, Ford tsudah menjual 2,03 juta unit, naik 5 persen di bandingkan periode yang sama tahun lalu. Kendati demikian, Ford mengalami penyusutan pangsa pasar di segmen kendaraan penumpang dari tahun lalu 16,8 persen, tinggal 15,5 persen. 
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com