Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Kembali Pimpin Pasar Global

Kompas.com - 18/12/2012, 07:20 WIB

New York, KompasOtomotif - Toyota, tampaknya  akan kembali memimpin pasar global setelah tergeser pada 2010 oleh rival beratnya General Motors dan Volkswagen. Indikasi ini  dari data penjualan sampai kuartal ketiga (September) 2012, Toyota sudah mengantongi total 7,4 juta unit, sementara GM membayang dengan 6,95 juta unit dan VW 6,9 unit.

Jumlah itu masih akan bertambah karena Toyota terus menunjukkan pertumbuhan di Amerika Serikat dan Jepang sampai November. Bahkan, pada periode yang sama, total pasar di Jepang melesat 31 persen berkat insentif yang dikucurkan pemerintah. Madoka Suzuki, kepala penjaringan pemasaran Toyota di Sendai mengatakan, "Saat ini kondisi pasar sudah kembali normal dan volume penjualan kembali ke level sebelum terjadi bencana. Perbaikan pasar mulai terjadi sejak Oktober tahun lalu."

Tahun ini,  pasar mobil dunia diprediksi total melampaui 80 juta unit dan akan mencatatkan rekor baru untuk pertama kalinya. Lonjakkan terjadi pada pasar Amerika Serikat dan Jepang meski terjadi penurunan di Eropa. Menurut analisis lembaga penelitan LMC Automotive, meningkatnya penjualan Toyota karena pemulihan pasca bencana tsunami dan mengalahkan GM.

Pemulihan pasar mobil di AS pasca krisis keuangan 2009 terus terjadi sampai tahun ini. Semua merek yang memasarkan mobilnya di AS merasakan keuntungan ini. "Pasar AS itu sangat luas, ketika kita punya pertumbuhan digit ganda maka akan ikut mendongkrak penjualan global," beber Rebecca Lindland, analis industri dari IHS Automotive.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com