Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejar Target, Stok Mobil Baru Menumpuk

Kompas.com - 11/12/2012, 07:20 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Perbedaan whole sale (WS) dan ritel yang cukup besar sampai akhir bulan lalu, mengindikasikan stok mobil baru di dealer atau pun produsen cukup besar. Berdasarkan data sementara yang diperoleh KompasOtomotif, WS sudah mencapai 1.026.602 unit. Sedangkan ritel 996.361 unit. Berarti terdapat perbedaan - menjadi stok - sekitar 30.000 ribuan. 

Johnny Darmawan, Ketua III GAIKINDO mengakui hal tersebut. "Terdapat perbedaan cukup besar antara WS dengan ritel sampai November lalu ini. Belum lagi perbedaan dengan yang didaftarkan di kepolisian," jelas Johnny. Akibatnya, stok "nongkrong" cukup lama dan menurut Jophnny sudah satu bulan lebih. Sedangkan untuk Toyota lebih pendek. Ditambahkan, kondisi tersebut bisa berlangsung  sampai Desember ini karena ATPM berusaha mengejar pertumbuhan WS yang tinggi. 

Perang Diskon
Kalau kondisi seperti di atas berlanjut, dikhawatirkan di awal tahun depan, persaingan makin ketat. Untuk menekan stok, ATPM akan memperpanjang promo sampai kuartal pertama 2013. "Terjadi lagi  perang diskon di awal tahun depan," tukas Johnny sambil tertawa.

Pada Desember ini, ini, Johnny memprediksi total penjualan akan sedikit menurun di bandingkan dari bulan-bulan sebelumnya karena hari kerja yang lebih sedikit.

"Saya rasa sekitar 90.000-an. Kemungkinan tidak di bawah itu. Sejumlah merek "ngotot" berproduksi sampai akhir Desember," tutup Johnny. 

Mungkinkah mengejar 1,1 juta unit?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com