Selasa, 2 September 2014

Otomotif


Kawasaki Indonesia Pasarkan Pulsar NS200

Penulis: Agung Kurniawan | Senin, 10 Desember 2012 | 15:47 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
Sumber : Bajaj | Author : -

Pulsar NS200 dipasarkan di bawah bendera Kawasaki Motor Indonesia.

Jakarta, KompasOtomotif — PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) siap meluncurkan produk baru Pulsar NS200 di Indonesia pada awal tahun depan. Sepeda motor sport dengan mesin 200 cc ini akan menjadi model perdana hasil kolaborasi pemasaran dua perusahaan Kawasaki dan Bajaj di Indonesia. Kawasaki Indonesia ditunjuk sebagai pemasar beberapa model tertentu Pulsar di Indonesia.

Rencana ini merupakan bagian dari keputusan global kedua prinsipal, Kawasaki Motor (Jepang) dan Bajaj Auto (India) untuk mendongkrak penjualan di Asia Tenggara. Bajaj ingin memanfaatkan kematangan jaringan pemasaran Kawasaki yang lebih luas. Sebaliknya, Kawasaki sudah menikmati jaringan pemasaran Bajaj untuk memasarkan produk-produknya di India. Kerja sama serupa juga sudah dilakukan di Filipina dan berhasil mendongkrak penjualan kedua merek itu dengan pangsa pasar 45 persen.

NS200
Meski kedua perusahaan belum mau menjelaskan lebih detail bentuk kolaborasinya, KMI justru terlihat sudah siap memasarkan Pulsar NS200 di Indonesia. Hal tersebut tampak dari pendaftaran impor utuh NS200 via Kementerian Perindustrian yang dipesan oleh KMI.

"Memang benar, kami daftar TPT untuk menentukan jumlah pesanan dulu. Tahap awal kita pesan 1.500 unit saja," komentar Freddyanto Basuki, Kepala Pemasaran Nasional KMI, kepada KompasOtomotif, pekan lalu.

Ridjal Tandju, PR Manager PT Bajaj Auto Indonesia (BAI), menambahkan, dengan didaftarkannya NS200 atas nama KMI, maka Kawasaki Indonesia sudah punya otorisasi untuk memasarkannya di pasar domestik. "Tapi, secara detail teknis seperti apa pembagian pemasarannya masih belum diputuskan, masih dalam proses, mungkin akhir Desember ini sudah ada keputusan," beber Ridjal.

Dari informasi yang diterima, KMI dipastikan akan memasarkan NS200 di Indonesia mulai tahun depan. Tetapi, keputusan merek dagang yang digunakan pada model itu belum diputuskan apakah Kawasaki, Bajaj, atau Kawasaki-Bajaj. NS200 sendiri merupakan produk kolaborasi Bajaj Auto (India) dengan KTM dan sudah mulai memasarkan Duke 200 sejak Oktober lalu.

Galau
Di sisi lain, seiring pengumuman kerja sama Bajaj-Kawasaki di Indonesia, juga berembus kabar kalau PT BAI gulung tikar. Kondisi ini tentu membuat konsumen Bajaj galau. Menanggapi hal ini, Ridjal memastikan, berita itu tidak benar dan PT BAI tetap beroperasi dengan normal.

"Kerja sama Bajaj dan Kawasaki hanya untuk memasarkan model kolaborasi (NS200). Untuk model lain (Pulsar 220, 180, 135) tetap kami yang memasarkan," tegas Ridjal. Dilanjutkan, proses 3-S (sales, service, spare part) masih berjalan dengan normal.

Sepanjang Januari-November 2012, BAI sudah melego total 14.300 sepeda motor ke seluruh Indonesia. Model terlaris masih disumbang Pulsar 135 dengan komposisi 40 persen, Pulsar 220 (37 persen), dan Pulsar 180 (23 persen).


Editor : Zulkifli BJ