Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Chrysler Ditutup karena Ketiadaan Biaya

Kompas.com - 03/12/2012, 17:40 WIB

Michigan, KompasOtomotif — Museum Walter P Chrysler yang "memarkir sejarah" produsen mobil AS itu harus ditutup karena tak sanggup memenuhi beban biaya operasional. Hal tersebut diumumkan lewat rilis resmi yang beredar pada Sabtu (1/12) lalu, dan memastikan penutupan mulai 1 Januari mendatang.

Museum bersejarah yang dibuka pada 1999 itu berisi 67 kendaraan, dipajang di tiga lantai. Selain Chrysler, juga dipajang beberapa merek lain di bawah naungan Chrysler Group, seperti Dodge dan Jeep yang mempunyai banyak kenangan.

Cerita lama juga berbicara dengan adanya merek-merek legendaris yang sudah tiada, seperti Hudson, Rambler, Willys-Overland, American Motors, DeSoto, hingga Plymouth. Penghuni paling tua adalah Rambler Runabout Roadster yang dilansir pada 1902. Koleksi-koleksi berharga itu akan dibeli oleh Chrysler Group sendiri.

”Hasil penjualan akan digabungkan dengan kas museum dan akan diserahkan ke Chrysler Foundation. Dana ini akan dipakai untuk mendukung berbagai kegiatan masyarakat lokal serta organisasi amal,” terang Brian Glowiak, Vice President Chrysler Foundation.

Jika masih ingin melihat koleksi museum untuk terakhir kalinya, maka produsen mobil yang juga sempat kena bailout atau dana talangan dari Pemerintah AS beberapa tahun silam itu akan mengadakan pameran khusus. Nantinya, semua fasilitas di museum akan dimanfaatkan perusahaan untuk kepentingan lain.

Museum Walter P Chrysler sudah dikunjungi lebih dari 35.000 orang. Krisis keuangan menyisakan lima pegawai aktif dan 126 sukarelawan. Kini, sejarah Chrysler hanya dibingkai dalam sebuah memoar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com