Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Motor Tinjau Pembangunan Pabrik Keempat

Kompas.com - 30/11/2012, 20:17 WIB

Bandung, KompasOtomotif — PT Astra Honda Motor (AHM) mengaku lebih obyektif memutuskan terus atau menunda sementara pembangunan pabrik keempat yang berkapasitas 1 juta unit di Karawang, Jawa Barat. Kondisi pasar yang semakin tidak menentu membuat AHM harus mengambil keputusan yang tepat.

"Kalau pasarnya drop (turun) karena regulasi syariah ini, maka mungkin kita tinjau lagi (pembangunan pabrik keempat). Kita juga tidak bisa memaksakan bangun pabrik kalau tidak ada pasar," ungkap Johannes Loman, Wakil Presiden Direktur Eksekutif AHM di Bandung, (30/11/2012).

AHM sebelumnya mengumumkan siap membangun pabrik sepeda motor jenis skuter otomatik (skutik) yang menyerap investasi sampai Rp 3,12 triliun, sejak awal tahun lalu. Proyek itu ditargetkan dengan awal pembangunan pada Maret 2013 dan selesai pada akhir 2014.

"Tapi, sampai sekarang kami belum mengambil keputusan apa-apa, hanya menjelaskan kondisinya seperti apa," beber Loman.

Loman mengaku, meski menghadapi tekanan yang besar dari kebijakan kredit syariah dan penetapan upah minimum provinsi (UMP), pelaku industri tetap masih punya harapan. "Masalahnya, seberapa besar UMP baru bisa memengaruhi turunnya pasar, ini yang belum bisa ditentukan. Tetapi, kami masih punya harapan," lanjut Loman yang memperkirakan pasar roda dua bisa anjlok 20 persen atau turun 1,4 juta dari prediksi tahun ini 7 juta unit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com