Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Jazz ”Real VIP Elegant”

Kompas.com - 19/11/2012, 16:30 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Ketika yang lain mengejar tampilan ekstrem dengan rombakan ”total jenderal”, Faisal justru tak ingin menjadi follower. Elegan, enak dipandang, dan bisa dipakai sehari-hari adalah tujuannya merombak Honda Jazz 2009. Jadilah penampilannya seperti sekarang, semakin mewah tanpa meninggalkan kesan hatchback paling laris di Indonesia itu.

Konsep yang diangkat adalah Real VIP Elegant, menaikkan kasta menjadi mobil premium dengan menambah pernik di berbagai sisi. ”Yang jelas harus bisa dipakai kerja atau nongkrong. Percuma ekstrem kalau ujung-ujungnya cuma jadi patung di garasi,” terang Faisal yang juga owner beberapa distro di Bandung.

BTX Concept menjadi rujukan untuk proses pengerjaannya. Jangan tertipu, karena berkat olahan rumah modifikasi yang beroperasi di Rancabolang-Margahayu, Bandung itu, Jazz lawas jadi seperti All-New Jazz 2011 berkat body conversion. Kap mesin, bemper, gril, lampu hingga bagian belakang sudah seperti varian baru.

Sukses dikonversi, permak dimulai dari pembuatan fender hingga bemper depan-belakang yang sudah ditambahi Daytime Running Light (DRL). Bagian belakang dilebarkan (wide body) hingga tampak semakin seksi. Atap dipotong, dan dipasang sunroof Webasto kanvas untuk memberikan kesan mewah.

Mesin tukar guling
Dari luar tampak mewah, apalagi di dalam. Reindy Riupassa, pemilik  BTX Concept kepada KompasOtomotif bilang bahwa nuansa luar-dalam dipilih warna putih karena mencerminkan sebuah warna elegan. ”Permainan lampu, desain, dan lapisan kulit, adalah perpaduan yang membuat pengendara merasa nyaman di dalam,” jelasnya.

Monitor disebar di berbagai penjuru. Satu di dashboard, tiga di deret jok belakang, dan tiga lagi di bagasi. Audio full entertainment, dengan sistem dts 5.1 audio, disandingkan xbox 360 untuk refreshing. Sistem audio ini juga bisa dipakai karaoke. Head unit Kenwood, sub woofer Pioneer 12 inci, power Monoblock dan 4ch, dipasang sebagai pemanja telinga.

Semakin ngeri, ketika KompasOtomotif tahu kalau mesinnya sudah ditukarguling dengan CR-V. Otomatis, semua bagian engine ini menyesuaikan seperti mounting, kabel-kabel, hingga girboks yang aslinya otomatik diganti manual. Tak dibiarkan standar, Reindy melakukan perbaikan untuk mendongkrak tenaga dengan menambahkan beberapa peranti seperti oil cooler Autobahn, fuel rail Skunk, intake Greedy, filter HKS, hingga radiator dan extra fan kustom.

Bobot sudah pasti berat dengan penambahan beban audio dan perangkat mesin baru. Agar seimbang, kaki-kaki diperkuat dengan air suspension Universal Air 4point. Pelek celong sangat merek Kranze ring 19 inci membuat penampilannya seidkit liar.

Tak sia-sia, kolaborasi Faisal dan Reindy menghasilkan enam tropi dalam Jazz Tuning Contest 2012 beberapa waktu lalu. Selain 1st runner up, hasil karya mereka menyabet gelar lain seperti Best In Car Entertainment, Best Rims, Best Under Carriage, Best Elegant Interior Design, hingga Best Elegant Overall. Congratz bro!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com