Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTM Super Duke R Paling "Buas"

Kompas.com - 14/11/2012, 16:37 WIB

Milan, KompasOtomotif - Bersamaan dengan peluncuran Duke 390, KTM juga memperkenalkan prototipe  Super Duke R yang digadang-gadang bakal jadi flagship model keluarga Duke di Milan Motorcycle Show (EICMA), kemarin (13/11/2012). Pabrikan asal Austria ini bahkan menjuluki streetfighter  ini  "Beast" karena punya paket penawaran paling "buas".

KTM berencana meluncurkan Super Duke R 1290 tahun depan dan melengkapi keluarga Duke yang sudah lebih dulu diluncurkan seperti Duke 125, 200, 390, 690 dan 990. Desainnya masih mengusung garis merah konsep keluarga Duke, hanya lebih banyak ujung yang lebih lancip, mulai dari dudukan lampu depan, bahu (shroud) dan buntut.

Rangka masih menggunakan tubular (trellis frame) dengan lengan ayun tunggal, plus pelek aluminium. Beberapa merek ternama seperti Brembo digunakan untuk sistem pengereman, suspensi dari WP, sistem pengabutan dari Akrapovic serta fitur ABS dan traction control jadi modal standar.

Soal mesin, KTM belum membeberkannya, tapi diperkirakan pengembangan dari  1.195 cc V-Twin milik KTM RC8R yang sudah berteknologi ride by wire.

Waktu ditanya berapa tenaga dan torsinya ? "Sangat-sangat besar," jawaban dari KTM. Satu hal yang perlu diperhatikan, sepeda motor yang diperkenalkan ini masih prototipe, tapi dari tampangnya sepertinya sudah siap diproduksi massal.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com