Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serem! "Alien" Besi Karya Rafik Kissai

Kompas.com - 13/11/2012, 14:44 WIB

Austin, KompasOtomotif - Indonesia punya pemodifikator sepeda motor kustom seperti di antaranya Bimo, Binky, Verolan dan banyak lagi. Nah, di Austin, Texas juga punya Rafik Kissai dengan rumah modifikasinya RK Concept yang cukup kesohor seantero Amerika karena idenya yang out-of-the-box.

Tidak sedikit karya-karya yang menakjubkan dan indah, sampai-sampai membuat pengagum modifikasi dibuat tertegun dan terpesono. Salah satunya dan ini yang terbaru adalah RK Thing, sepeda motor roda tiga bermesin Aprilia 1000 cc yang menyerupai alien.

Lantas di mana letak ketidaklaziman dari karya Rafik ini? Lihat diameter dan lebar pelek roda depan tidak sama dengan yang belakang. Menariknya, Rafik menambahkan roda keempat untuk mengurangi roda depan terangkat tinggi kala melakukan akselerasi.

Keunikan lain, sadel tunggal berupa dua batang pipa melengkung. Lalu, perhatikan desain garpu depannya. As roda hanya dihubungkan dengan batang pipa yang panjangnya tidak lebih dari 50 cm membujur, kemudian dihubungkan dengan batang besi dari atas.

Yang menarik, sistem peredam bukan berupa sokbreker, melaikan kawat baja berjumlah lima buah. Begitu juga dengan yang belakang dan Rafik mengatakan sepeda motornya rideable.

Coba perhatikan lebih teliti, di mana tangki bahan bakarnya. Rafik memposisikannya di bagian depan, tepatnya di atas setang yang fungsinya merangkap tahanan angin.

Pantas, kalau karyanya disebut out-of-the-box. Salut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com