Rabu, 23 Juli 2014

Otomotif


Honda Jazz Canggih Berbanderol Rp 800-an Juta!

Penulis: Donny Apriliananda | Senin, 12 November 2012 | 18:51 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : - | Author : roderick adrian mozes

    Atapnya dipotong 25 cm di belakang, menampilkan kesan gahar.

  • Sumber : - | Author : roderick adrian mozes

    Bertabur teknologi, menggunakan Wi Fi di segala lini dengan bantuan puluhan gadget.

  • Sumber : - | Author : donny apriliananda

    Jok belakang dibuan, diganti kantor berjalan dan pusat IT.

Jakarta, KompasOtomotif – ”Dibatasi” adalah sebuah kata yang dianggap pantang dalam modifikasi, tak terkecuali untuk Andre Mulyadi dari Signal Kustom, yang merombak tanpa kompromi Honda Jazz milik Luthfi Gatot Rochim, yang sama-sama asal Bandung. Tema ”Future Honda” yang diangkat adalah cerminan bahwa apa pun bisa dilakukan untuk membuat mobil semakin canggih dengan teknologi masa depan.

Sebagai desainer, Andre berhasil menunjukkan konsep itu melalui berbagai hal. Paling kentara, saling terintegrasinya teknologi di dalam mobil. Fitur-fitur seperti virtual dashboard, radio sattelite, internet browser, GPS via Google Map, organizer virtual, mixtrax, pengatur suara dan menghidup-matikan  mesin melalui Smart Siri iPhone yang dibenamkan untuk peranti standar. Fitur yang terdapat pada iPhone 4S/5 itu juga dapat menghidupkan audio, membantu mengetik via perintah voice command.

Teknologi nirkabel berbasis Wi Fi (Wireless Fidelity) mendominasi operasional teknologi di dalam mobil seperti membuka dan mengunci pintu melaui iPad. Terpasang pula fitur engine setting, memungkinkan setelan mesin via komputer dari jarak jauh, sehingga tidak berbatas ruang dan waktu untuk berhubungan dengan mekanik.

Car Management System merekam jejak mobil (history) termasuk pengingat kapan waktu servis. Ada juga PC-Ignition yang memindahkan aktivitas komputasi ke dalam mobil seperti pengendara dapat mencetak (print) dokumen melalui printer mini yang terpasang di dalam mobil secara nirkabel.

Yang unik, RGD Led by mood memungkinkan lampu kabin ganti warna sesuai suasana hati, aksesnya via iPhone. ”Kami juga menambahkan Car Black Box, seperti yang ada pada pesawat untuk merekam semua aktivitas berkendara, disimpan dalam memori komputer mobil dan bisa diambil datanya sewaktu-waktu ketika dibutuhkan,” jelas Andre.

Rombak Total
Lepas dari banyaknya fitur berteknologi canggih di dalam, desain eksteriornya sangat agresif dengan balutan biru yang dilabur airbrush bertema teknologi. Pintunya jadi dua, atapnya dipotong lebih pendek 25cm sehingga mendapatkan tampilan gahar.

Di kabin, AlterPro mengerjakan desain kabin dengan dominasi lapisan kulit Wollsdorf dan Edelweis Synthetic Leather pada dashboard dan jok bermodel futuristik. Panel instrumen dipesan khusus dari AS dengan desain digital. Hanya dua jok yang tersisa, sementara bagian belakangnya diisi peranti entertainment dan ”gudang teknologi”.

Untuk audio, Signal Kustom mempercayakan kepada Pionner yang memasang 4 Subwoofer 10 inci, 3 middle speaker, dan satu head unit multimedia. ”Pioneer kami pilih sejak awal karena karakteristik dari produk-produknya sesuai dengan karakter mobil yang futuristik, dengan produk yang didukung fitur Advanced App,” tegas pria berkacamata itu.

Mesin Dahsyat
Basisnya masih sama, mesin Honda i-Vtec 1.500cc yang telah ditingkatkan performanya termasuk pembaruan piston. Langkah selanjutnya adalah pemasangan Turbo HKS dengan aplikasi tambahan piping custom, manifold, serta air filter HKS, injector untuk K20 engine, serta fuel pump ditambahkan membantu menambah daya. Komputer mesin menggunakan Haltech PS-500 serta Haltech Device8 emulator dan Haltech boost controller. Semua kombinasi itu mampu menggenjot tenaga besar-besaran, tembus 181 PS, padahal, kekuatan mesin standar Honda Jazz ”hanya” 110-120 PS.

Mau tahu uang yang mengalir untuk modifikasian ini? Andre dan tim sudah menghabiskan biaya lebih dari Rp 600 juta. Jika harga New Jazz RS A/T di pasar senilai sekitar Rp 225 juta, maka harga Jazz Future Honda itu mencapai Rp 825 Juta. Edan!


Editor : Bastian