Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha AG200, Sang Penyelamat!

Kompas.com - 10/11/2012, 09:41 WIB

Dodoma, KompasOtomotif – Di sebagian wilayah Afrika, dengan kondisi alam tak bersahabat, banyak penduduk terjangkit penyakit berbahaya. Ganasnya medan membuat distribusi obat dan tenaga medis menjadi sulit. Satu-satunya penyelamat adalah sepeda motor tangguh yang mampu membawa obat-obatan dan tenaga medis terampil untuk menjangkau mereka.

Riders for Health (RH), organisasi kemanusiaan untuk membantu pendistribusian obat-obatan, memilih Yamaha AG200 sebagai andalan. Dari 1.000 kendaraan yang dimiliki hingga saat ini, 80 persennya adalah sepeda motor  trail itu.

”Sepeda motor ini tidak seksi dan cantik, tapi sangat berjasa sebagai penolong orang-orang kritis. Ketangguhannya sudah terbukti beberapa tahun,” ujar Andrea Coleman, salah satu pendiri RH.

Mesinnya satu silinder 200 cc, mampu mengerahkan tenaga 16 PS dengan kecepatan maksimal cuma 100 km per jam. Suspensinya juga biasa-biasanya saja, peredam hidraullik yang menghubungkan lengan ayun dengan rangka. Karena bila dibalapkan di arena motocross, akan susah menang. 

Menurut Gary Taylor, Riders’ Training Manager RH, Yamaha AG200 adalah sepeda motor ”rendah hati”. ”Anda bisa lihat, modelnya biasa saja! Saya sudah ditemaninya selama hampir sepuluh tahun. Setelah masuk ke lumpur panas, mesin tetap hidup. Perbandingan gigi yang pendek-pendek membuatnya gampang diajak untuk menanjak, juga melewati medan berat berbatu,” terangnya.

Jika dirangkum, hingga sekarang, pengabdian Yamaha AG 200 tidak bisa dinilai dengan uang. Sepeda motor ini sudah memberikan bantuan kepada 12,5 juta penduduk di sejumlah negara di pedalaman Afrika.  Sepeda motor ini pun dijuluiki sang penyelamat! 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com