Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Model Baru Akan Lahir dari Kolaborasi Honda-Proton

Kompas.com - 08/11/2012, 16:54 WIB

Jakarta, KompasOtomotif — Berita penandatanganan nota kesepaham antara Proton dan Honda sedikit banyak akan memberi keuntungan buat pasar mobil di Indonesia. Ini karena keduanya akan mengembangkan produk baru untuk pasar global, termasuk Indonesia.

Presdir PT Proton Edar Indonesia (PEI) Gunther Schrez mengaku belum mendapat informasi resmi dari prinsipal terkait kolaborasi tersebut. "Kemungkinan besar proyek kolaborasi dengan Honda adalah mobil kompak Proton sebagai produk global yang disiapkan pada 2014. Mungkin saja nanti dikembangkan menggunakan platform Brio, kita belum tahu," komentar Gunther di Pondok Indah, Jakarta Selatan, hari ini (8/11/2012).

Namun, ia yakin produk baru itu akan mengisi segmen yang belum disentuh Proton sebelumnya. Tersebar kabar, produk baru yang disiapkan Proton-Honda, selain mobil kompak, salah satunya adalah generasi terbaru Exora, yang bakal memanfaatkan platform Honda Jazz atau Freed. "Kemungkinan MPV yang lebih kecil dari Exora, atau model lain seperti SUV yang memang belum ada line-up produknya," lanjut Gunther.

Produk baru

Gunther memastikan peluncuran duo Exora bermesin turbo yang berlangsung hari ini akan menutup produk baru yang diluncurkan Proton ke Indonesia periode 2012. Tahun depan, Proton sudah menyiapkan produk lainnya, antara lain sedan Preve.

"Preve akan kami luncurkan sekitar Februari atau Maret 2012, setelah itu akan ada model baru dari Gen-2. Baru tahun depan kami punya mobil kompak global yang selama ini dikenal dengan konsep Emas," beber Gunther.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com