Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jakarta Motorcycle Show 2012

TDR Perkenalkan Sepeda Motor Listrik

Kompas.com - 03/11/2012, 07:14 WIB

Jakarta, KompasOtomotif — TDR International menggebrak JMCS 2012 dengan memperkenalkan sepeda motor sport bertenaga listrik murni (2/11) dengan sebutan High Performance Electric Motorcycle (HPEM) dan rencananya mulai dipasarkan pada Maret tahun depan dengan banderol berkisar Rp 200 jutaan.

Dari tampilannya, HPEM terlihat kekar dengan kelir dominan hitam doff hampir di sekujur tubuh. Bentuknya mirip KTM Duke 200 yang bergaya SuperMoto. Kaki-kakinya menggunakan pelek lebar, depan (110/70/17) dan belakang (130/70/17).

HPEM dibekali motor listrik bertenaga 54 PS dengan torsi 93Nm yang performanya diklaim setara mesin konvensional berkapasitas 500 cc. Ia mampu melejit hingga kecepatan tertinggi 153 kpj. Sepeda motor ini juga dilengkapi sistem pendingin udara dan bobot bersihnya cuma 125 kg.

"Diperkenalkan di Indonesia karena kami ingin memiliki motor dengan performa tinggi sekaligus ramah lingkungan, " kata Teddy Hartono, Managing Director PT Mitra Lestari Motorindo (TDR International), di JCC, Jakarta, Jumat (2/11/2012).

Jeffry Williar, Manager Marketing TDR International, menjelaskan, produknya pada tahap awal pemasaran akan diimpor secara utuh (CBU) dari Amerika Serikat dengan target bukan untuk pasar ritel, melainkan motor sport saja.

Lokal

TDR International juga berencana membangun pabrik perakitan di kawasan Asia Tenggara, yang salah satu kandidat terbesarnya di Indonesia, Thailand, atau Vietnam. Nantinya basis produksi ini bukan cuma memasarkan produk di pasar lokalnya saja, melainkan juga untuk diekspor ke seluruh Asia Tenggara.

Saat ini PT Mitra Lestari Motorindo sudah menyiapkan lahan seluas 5 hektar di Pulogadung, Jakarta Timur untuk pusat perakitan. Namun, belum diputuskan apakah Indonesia yang jadi pilihan utama. "Persiapan memang sudah dilakukan di Indonesia. Kalaupun lancar, mungkin baru 2014 mulai diproduksi di sini," beber Jeffry.

Selain sepeda motor listrik, TDR juga sudah menyiapkan model dengan mesin konvesional untuk Indonesia, antara lain genre full fairing, naked-bike, sampai motocross.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com