Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suksesor Lamborghini Gallardo Tanpa Turbo

Kompas.com - 23/10/2012, 10:00 WIB

Bologna, KompasOtomotif – Sudah beberapa bulan belakangan banyak berita tentang pengganti Gallardo. Lamborghini pun beberapa kali membeberkan tampangnya, dan mereka menamainya dengan Lamborghini Cabrera. Namun, ada kabar terbaru yang cukup mengejutkan, bahwa penerus Gallardo itu akan mengadopsi teknologi mesin naturally aspirated (N/A).

Jika demikian, dengan teknologi itu, udara yang masuk ke ruang bakar terjadi alamiah karena hisapan piston, tidak dipaksakan. Berbeda dengan sistem forced induction yang pemasukan udaranya ke mesin ”dipaksa” menggunakan turbin dengan mekanisme penggerak terbagi dua, turbocharger (turbin diputar oleh gas buang), dan supercharger (turbin diputar oleh putaran mesin).

Dengan kata lain, Lamborghini yang terkenal dengan mesin turbo bertenaga besar itu kini mulai berpikir untuk mengembangkan mesin tanpa turbocharge atau juga supercharge, namun tidak mengurangi performa khas yang selama ini bisa dirasakan penikmatnya. Mesin itu nantinya akan dipadu dengan transmisi otomatis dan penggerak roda belakang.

Cabrera akan menggunakan mesin berbasis sama dengan Gallardo, meski tanpa supercaharge. Belum ada data spesifikasi detail, namun diperkirakan setelah mendapat pengembangan, mesin 10 silinder 5.200 cc itu akan menyemburkan tenaga lebih dari 600 PS. Akselerasi yang ditargetkan adalah lebih rendah dari 3,4 detik untuk 0-100 km per jam.

Banyak yang bilang mobil dengan mesin N/A tidak segarang mobil-mobil berturbo. Karena mesin tanpa turbo pada rpm rendah dirasa melempem, dan hanya efektif pada rpm tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com