Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Menyetir Butuh Satu Tahun, Minimal!

Kompas.com - 11/10/2012, 09:18 WIB

London, KompasOtomotif — Peraturan mengemudi baru sedang diperjuangkan The Association of British Insurers (Asosiasi Perusahaan Asuransi Inggris/ABI) bahwa belajar menyetir butuh waktu minimal satu tahun. Targetnya adalah pengemudi pemula dengan range usia 17-24 tahun yang kerap menjadi biang kerok kecelakaan.

ABI juga menyerukan bahwa belajar menyetir minimal harus berusia 17 tahun, boleh enam bulan sebelum mencapai usia itu. Aturan belajar menyetir ini harus diterapkan lebih lama dan instruktur harus tahu persis apakah siswanya lulus atau tidak untuk melepasnya ke jalan umum. Intinya adalah membatasi pengemudi muda yang kurang berpengalaman atau baru lulus untuk bebas menyetir.

”Aksi radikal saat ini sangat perlu dilakukan untuk mengurangi nyawa yang terbuang sia-sia karena pengemudi muda yang belum mahir menyetir. Sebagai perusahaan asuransi, kami peduli dengan nyawa mereka, bukan cuma mencari keuntungan dengan membiarkan mereka membeli polis,” ujar Direktur ABI, Otto Thoresen, kepada BBC.

Regulasi yang diusulkan adalah:
1. Larangan untuk belajar intensif dengan metode sendiri (privat) yang hanya melihat beberapa aspek untuk lulus.
2. Pengenalan SIM baru dengan predikat ”baru lulus” untuk enam bulan setelah lulus tes.
3. Mereka juga dilarang mengemudi antara pukul 23.00-04.00 selama enam bulan, kecuali mengemudi dari kerja atau sekolah.
4. Harus dites darah, tidak boleh mengandung alkohol sama sekali selama enam bulan.
5. Bisa belajar lebih awal, misalnya mulai usia 16 tahun.

ABI pun membeberkan data bahwa usia 18 tahun berpotensi celaka tiga kali dibanding 48 tahun. Fakta lain adalah pengemudi tewas dalam kecelakaan berusia 25 tahun ke bawah jumlahnya tiga kali lebih banyak dibandingkan usia di atas 35 tahun. Klaim asuransi cedera dan kecelakaan didominasi pengemudi antara berusia 17 hingga 24 tahun.

Untuk ini, Menteri Keselamatan Berkendara Inggris, Stephen Hammond, akan mempertimbangkan usulan ABI. ”Kami sudah bekerja sama dengan orang-orang muda, industri asuransi, dan stakeholder lain untuk mengidentifikasi apa lagi yang dapat dilakukan agar kualifikasi untuk mengemudikan mobil lebih ditingkatkan,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com