Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Toyota Crown Generasi Ke-14

Kompas.com - 06/10/2012, 17:42 WIB

Tokyo, KompasOtomotif - Crown merupakan salah satu sedan mewah garapan Toyota yang masih bertahan sejak 1955. Mobil berlogo mahkota tersebut siap meluncur dengan desain terbaru sebagai generasi keempat belas. Dan seperti biasa model ini hanya dikonsentrasikan untuk pasar Jepang saja. Beberapa negara yang memasarkannya sangat mungkin terlebih sesama penguna setir kanan. Kendati status masih dirahasiakan namun brosurnya sudah mulai bocor di dunia maya.

Produk seri S210 ini hadir dalam 2 varian, yakni Royale dan Athlete dengan karakter yang berbeda.  Royale memiliki konsep mobil mewah dan nyaman. Sedangkan Athlete lebih mengedepankan gaya agresif. Paling nyata adalah desain dan dimensi gril yang mengadopsi khas Lexus GS. Meskipun memiliki sosok berbeda namun keduanya memakai platform sama dari seri S yang punya jarak sumbu roda 2.850 mm.

Toyota tetap mempertahankan mesin yang pernah ditanam di balik kap. Ada 4 silinder berkapasitas 2,5 liter dan juga mesin V6 dengan pilihan 3,0 liter dan 3,5 liter. Bagi yang peduli lingkungan bisa memilih varian hibrida.

Fitur canggih yang dipakai dan menjadikannya istimewa sejak 2008 adalah ayunan sistem suspensi yang bisa diatur berdasarkan informasi kontur jalan dari GPS. Termasuk juga sistem perpindahan gigi transmisi yang disesuaikan rem yang memenfaatkan putaran mesin (engine brake) sesuai dengan gaya mengemudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com