Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Lepas 300 CR-Z Versi Mugen

Kompas.com - 02/10/2012, 19:34 WIB

Paris, KompasOtomotif - Mugen, divisi modifikasi Honda mendapat kesempatan dari mendandani CR-Z hybrid agar tampilannya lebih sporty dan tenaga yang dihasilkan kian galak. Jumlah unit yang digarap  tidak banyak, hanya 300 unit dan dijual di Jepang dengan banderol 55.000 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 528 juta.

Untuk mendongkrak tenaga standar 156PS dari mesin berkapasitas 1,5 liter, tak cukup dengan mengganti komponen saja. Di sini Mugen menambah dengan supercharger, sehingga tenaganya (ditambah dengan motor listrik) meningkat jadi 176 PS.

Dengan tenaga yang meningkat, tentu harus diimbangi tampilan eksterior. Seperti kap mesin dan spion standar diganti dari serat karbon serta lampu kabut lebih agresif dan lebar. Di bagian belakang ada sayap berukuran besar di ujung kaca belakang dan bemper yang ditempeli aerokits yang bagian bawahnya ada pembelah angin (diffuser). Sementara bagian samping dihias dengan side skirts dan juga pelek 17 inci model jari-jari ganda.

Ada sedikit sentuhan di dalam kabin dengan penambahan aksen warna biru. Ada indikator pengontrol supercharger yang ditanam pada bagian atas dasbor.

Mugen RR
Lain halnya dengan varian yang mejeng di IIMS lalu yang tampil dengan cat warna kuning. Model yang diboyong oleh Honda Prospect Motor langsung dari Jepang adalah Mugen RR. Jenis modifikasi yang diberikan hampir sama. Hanya saja keluaran tenaga yang dihasilkan lebih besar yakni 193 PS akumulasi daya mesin dan motor listrik. Sayang varian tersebut hanya untuk kebutuhan pameran semata. Paling tidak sebagai bukti bahwa mobil hybrid bisa dimodifikasi mesinnya jadi lebih kencang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com