Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aorto, Anti-Maling Tambahan untuk Mobil

Kompas.com - 02/10/2012, 13:25 WIB

KompasOtomotif - Untuk mengamankan mobil dari jarahan maling, tidak cukup hanya dengan mengandalakan alarm. “Perlu pengaman tambahan,” begitu spanduk di beberapa mal atau di tempat parkir tertentu. Bahkan kampanye ini juga dilakukan oleh kepolisian di beberapa daerah.

Ya, banyak selain alarm, banyak juga pemilik mobil menambahkan kunci setir dan bagian lainnya. Bahkan, ada memasang sistem pelacak mobil yang bekerja berdasarkan GPS. 

Kenyataan, kendati sistem pengaman tersebut sudah merepotkan kerja maling, oleh sebagian orang dinilai belum cukup meyakinkan. Pasalnya, sistem elektronik yang banyak digunakan sekarang ini, bisa dijebol atau di “hack” alias diretas. Karena itulah, pengaman versi mekanis tetap saja muncul.

Kombinasi
 
Salah satu pengaman mekanis yang cukup menarik dan ditemui KompasOtomotif pada IIMS 2012 yang lalu adalah Aorto yang dibuat dan dipasarkan oleh Sangrung.

Menurut Purmanto Lim, Manajer Pemasaran produk ini, kunci pengamanan yang dipasarkannya bekerja secara kombinasi. Bagian mekanis, mencegah pedal rem dan kopling (transmisi manual) dan rem saja (transmisi otomatis) bekerja atau ditekan. Sedangkan tambahan, yaitu bagian kelistrikan, mencegah mesin dihidupkan melalui kunci kontak (starter).
 
Produk dari Thailand ini dicantolkan ke kolom setir (bagian bawah) dan bagian belakang, berada di belakang pedal rem atau kopling. Untuk mengaktifkan, cukup mudah, hanya menarik tuas yang sudah dilengkapi dengan “handle” untuk ditarik. Sebaliknya, untuk membebasnya, harus menggunakan kunci manual.

Begitu tuas ditarik, pengaman bekerja menghalangi gerakan pedal rem dan kopling dan memutuskan kabel sistem starter (mesin tidak bisa dihidupkan).

Lampu Led
Sistem dilengkapi dengan lampu LED yang hidup saat pengaman ini berfungsi. Bagian lain adalah sistem auto anti-slide lock mencegah pedal-pedal mengunci secara otomatis jika terjadi kecelakaan atau tabrakan di depan mobil.

Selanjutnya, anak kunci, menurut, Pumanto Lim susah dikopi karena dibuat dengan tingkat presisi tinggi oleh mesin CNC. “Khusus kunci dan silindernya, dibuat di Amerika Serikat. Sedangkan unit dirakit di Thailand,” jelas Purmanto.

Dijelaskan pula, mekanisme kunci terpisah dari silinder. Karena itu, kendati silinder kunci dirusak, namun tetap bekerja (mengunci). Saat digunakan, tidak menganggu kaki pengemudi, juga gerakan pedal-pedal. Ditambahkan, baja yang digunakan diperkeras (carbonized). Akibatknya, susah digergaji.
Pengaman ini bisa digunakan untuk berbagai merek mobil yang dipasarkan di Indonsia. Harganya, Rp 2,5 juta, sudah termasuk ongkos pasang.

“Untuk pemasangan harus ke bengkel. Soalnya, dasbor dekat batang setir harus dilepas dulu agar bisa dipasang,” tutup Purmanto.

Anda tertarik? Bila, ya... silakan menghubungi nomor telepon berikut 021-688 5885 atau 3588 6635 atau menyambanginya ke Jalan Sunter Agung Utara Blok A35B, No.4, Jakarta Utara.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com