Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Mengadu Keterampilan Instruktur "Safety Riding"

Kompas.com - 02/10/2012, 07:08 WIB

Badung, KompasOtomotif — PT Astra Honda Motor (AHM) tak hanya fokus pada pengembangan teknologi dan menyediakan produk terbaik, tetapi juga terus mengampanyekan dan menularkan cara berkendara aman alias safety riding. Caranya dengan menggelar Safety Riding Instructor Competition (SRIC).

Tahun ini, kompetisi final diikuti 95 instruktur dari semua dealer utama Honda di Indonesia dan komunitas (klub motor Honda), serta diselenggarakan di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK), Badung, Bali, pada 1-2 Oktober 2012. Instruktur yang berangkat ke Bali adalah mereka yang lolos seleksi di area masing-masing. 

”Inilah salah satu bentuk tanggung jawab AHM mendidik pengguna sepeda motor Honda. Kompetisi safety riding instruktur Honda sudah memasuki tahun ke-6, yang diselenggarakan untuk mengukur kemampuan serta keterampilan peserta. Di samping itu, untuk meningkatkan kualitas keterampilan mereka," ungkap GM Marketing Planning & Analysis Div AHM Agustinus Indraputra.

Keterampilan
SRIC menguji keterampilan para instruktur untuk empat hal. Pertama, Slalom Phylon, mengharuskan peserta melewati sejumlah kerucut tanpa menyenggol dan tatakan kaki tidak boleh menyentuh tanah. Kedua, tes rem, harus berhenti total dengan jarak pengereman terpendek setelah melaju pada kecepatan tertentu.

Ketiga, Narrow Plank, untuk menguji keseimbangan, mirip lomba sepeda lambat dengan nilai terbaik waktu paling lama. Terakhir, Slalom Course, melewati berbagai rintangan yang didesain sedemikian rupa.

”Kelihatannya mudah! Untuk melakukannya, butuh konsentrasi dan keterampilan tinggi. Semua teori yang diujikan sangat berguna ketika menghadapi berbagai kemungkinan di jalan umum,” ucap Arsyad Mustaqim, instruktur senior Mitra Pinastika Mulia, salah satu penguji.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com