Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Ranger Khusus Medan Berat

Kompas.com - 30/09/2012, 09:04 WIB

Jakarta, KompasOtomotif — Dalam gelaran IIMS 2012 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Ford Motor Indonesia (FMI) memamerkan salah satu produk andalannya, pikap kabin ganda Ranger. Tampilannya sudah tidak standar dan sudah dimodifikasi oleh RMA Automotive (RMAA). Ia siap melibas medan off-road atau "nyemplung" ke ranah pertambangan.

Paket ubahan yang ditawarkan RMAA, yang berlokasi di kawasan belikat Marunda, Tanjung Priok, Jakarta Utara, ini meliputi penambahan bull bar pada bemper depan berikut dudukan lampu kabut, winch untuk menarik bobot 4,5 ton, antena radio komunikasi, dan juga pegangan tiang bendera identitas keberadaan mobil. Ketika menerjang genangan air yang tinggi, tak usah khawatir dengan mesin karena terdapat belalai udara luar (snorkel) yang tersambung dengan lubang angin yang sudah tersedia di fender depan. Selain itu, ada stiker hologram berwarna kuning sebagai penanda saat malam hari, benda wajib di setiap kendaraan yang beroperasi di wilayah tambang.

Di bak belakang ada roll bar luar yang bagian atasnya ditempeli lampu tembak dan rotator. Dekat dengan kaca belakang terdapat kotak penyimpanan peralatan off-road dan perbekalan yang terbuat dari besi. Adapun di bemper belakang terdapat pijakan kaki dari baja, lengkap dengan towing.

Tak usah khawatir

Fitur yang tersedia yakni radio komunikasi Codan (HF), sirene dan speaker, vehicle monitoring system, GPS tracking, lockable battery isolator, alrms system, reversing buzzer, dan coolant alarm system. Komponen tambahan yang masuk dalam paket meliputi karpet karet, mud flaps, towing strap, wheel chock, cargo net, tie down hooks, dan pemadam kebakaran ringan isi 1 kg atau 9 kg.

Sektor kaki-kaki juga diperkuat dengan suspensi khusus untuk beban berat (heavy duty suspension). Bukan hanya itu, komponen pengurang laju juga dimodifikasi khusus untuk kerja berat. Karet bundar menggunakan model pacul (mud terrain) berukuran 255/70 R16 yang menempel pada pelek 5,5 x 16.

Sementara itu bagian dalam juga dipasangi roll bar 4 titik dari tengah ke belakang. "Baris pertama memang sengaja tidak dipasang karena harus melubangi dasbor. Tapi jangan khawatir; masih tetap aman, kok," ujar Bambang Priandoyo, Director Sales and Marketing RMAA, saat ditemui di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Semua paket yang tersedia dan muncul di IIMS mencapai Rp 100 jutaan. RMAA memberikan garansi semua komponen tersebut selama setahun atau 20.000 km (mana lebih dulu). "Pemasangan semua perangkat cuma butuh waktu sehari karena semua sudah tinggal pasang," tutup Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com