Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu D-X dan D-R Bisa Gonta-ganti Bodi

Kompas.com - 24/09/2012, 18:25 WIB

Jakarta, KompasOtomotif — Untuk menyukseskan gelaran ke-20 IIMS di JIExpo, Daihatsu tak cuma menampilkan calon mobil murahnya, Ayla. Mereka juga membawa beberapa mobil konsep, dua di antaranya D-X (baca: D-Cross) dan D-R. Keunikannya ada pada bodi yang terbuat dari bahan resin (plastik) dan bisa digonta-ganti (knock down) sesuai selera.

"Penggantian bodi bisa dilakukan di rumah, tidak perlu ke bengkel," ungkap Satriyo Buditomo, Executive Coordinator Development Project Team Research and Development Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), di Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (24/9/2012).

Kendaraan model kabriolet dan kupe ini dibekali mesin kecil 660 cc, dua silinder, DOHC, injeksi langsung, dan berpendingin cairan, mirip yang ada pada Mira e:S, tetapi sudah dilengkapi turbo. Tenaga yang dihasilkan 64 PS @6.000 RPM dan torsi 110 Nm @2.000 RPM dengan sistem transmisi CVT.

Daihatsu D-X dan D-R memiliki dimensi P x L x T (3.395 mm x 1.476 mm x 1.275 mm). Mobil tersebut diperkuat pelek ring 17 inci dengan ukuran ban 165/50. "Daihatsu D-X lebih bergaya crossover sedangkan D-R lebih ke arah sportscar. Atapnya bisa buka-tutup seperti roadster," beber Satriyo.

Prinsipal di Jepang sudah ancang-ancang meluncurkan salah satunya, D-R, dalam waktu dekat. Untuk Indonesia, ADM mengaku masih studi, melihat animo dari masyarakat, salah satunya melalui ajang IIMS 2012. Pasalnya, selama ini citra mobil sport lebih dikenal konsumen Indonesia memiliki bodi dan mesin yang besar.

"Kalau hasilnya oke, dalam dua sampai tiga tahun kemungkinan akan dipasarkan di sini," tutup Satriyo.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com