Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duet Agya-Ayla Diprediksi "Meledak"

Kompas.com - 24/09/2012, 16:30 WIB

Jakarta, KompasOtomotif — Mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) dari Astra Daihatsu Motor (ADM) dan Toyota Astra, Agya dan Ayla, diprediksi bakal meledak bila dipasarkan mulai tahun depan. Kendati demikian, pasar Indonesia masih akan didominasi oleh MPV 7-penumpang, meskipun tren permintaan city car (segmen A) dan (segmen B) naik.

Perkiraan itu disampaikan Jessada Thongpak, analis otomotif senior dari lembaga peneliti IHS Automotive berbasis di Bangkok, ketika menjadi pembicara di "The 7th Indonesia International Automotive Conference" di Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (24/9/2012).

Masih terendah
Dijelaskan, populasi mobil di Indonesia terendah dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya. Tahun ini saja, densitas atau perbandingan antara jumlah mobil dan populasi penduduk di Indonesia hanya 45 orang per 1.000 penduduk, atau 1 mobil untuk 22 orang. Dia menambahkan, dua tahun ke depan (2014), pasokan impor CBU kompak dari Thailand diperkirakan akan berangsur menurun.

"Pasalnya, produksi domestik LCGC akan meningkat. Bahkan, proyek LCGC ini akan mendongkrak total pasar mobil penumpang sampai 200.000 unit mulai 2014," beber Jessada.

Sampai kini total produksi mobil di Indonesia masih didominasi oleh segmen B, termasuk MPV kecil, yaitu sampai 80 persen. "Mulai 2015 dan selanjutnya, volume produksi mobil penumpang akan melebihi penjualan domestik karena sebagian akan diekspor ke luar," lanjutnya.

Sepeda motor ke mobil
Masaki Honda, analis lain dari Frost and Sullivan, menambahkan, pada 2015 rata-rata pendapatan per kapita (PDB) Indonesia diprediksi mencapai 5.465 dollar AS, naik dari saat ini 3.600 dollar AS. Bahkan pada 2025, PDB penduduk Indonesia bisa menembus 17.000 dollar AS dengan jumlah penduduk 270,53 juta jiwa.

"Pada tahun ini, pasar otomotif Indonesia akan bergeser dari sepeda motor ke mobil penumpang yang memaksa pabrik harus meningkatkan kapasitas produksinya," beber Honda.

Ditambahkan, mobil untuk konsumen pertama di Indonesia masih akan didominasi oleh model-model favorit, seperti MPV-7 penumpang dan mobil kompak lain. Selain itu, mobil-mobil mewah makin lama akan semakin terjangkau karena daya beli terus meningkat. "Sementara itu, konsumen yang beli mobil kedua dan ketiga akan memuaskan dirinya dengan mobil ukuran lebih kecil," ungkap Honda.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com