Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Carens Baru Lebih Kompak

Kompas.com - 19/09/2012, 14:49 WIB

Seoul, KompasOtomotif - Menjelang Paris Motor Show (PMS) 2012 akhir bulan ini, Kia membuka selubung sosok MPV, Carens 2013. Bentuknya lebih kompak dan dinamis. Paras muka mengadopsi desain hatchback Rio dan Cee'd. Wajar, bila raut muka ketiganya mirip-mirip karena  perancangnya sama, Peter Schreyer, Kepala Desainer Kia.

Carens baru yang di Amerika dan Kanada bernama  Rondo ini menggunakan platform Cee'd yang dimodifikasi menjadi sebuah minivan.  Sebagai penyuplai tenaga, ada dua pilihan versi bensin, yakni 1,4 liter MPI dan 1,6 liter GDI dengan tenaga masing-masing 100 PS dan 135 PS. Ada juga versi diesel 1,4 liter WGT 90 PS bertenaga 110 PS dan 1,6 liter VGT dengan daya 128 PS. Sebagai pemindah tenaga digunakan transmisi manual dan otomatis 6-percepatan.

Dari ruang interior, pada dasbor tengah terdapat layar monitor yang bisa menampilkan sarana hiburan dan juga sistem navigasi. Unsur atraktif terdapat pada lingkar kemudi model palang tiga yang memiliki beragam tombol pengoperasi fitur. Informasi kendaraan bisa dipantau lewat layar yang berada di antara panel meter dengan pencahayaan cukup jelas. Untuk kapasitas daya angkut produsen asal Korea Selatan ini memberikan pilihan untuk 5 dan 7 penumpang.

"Carens terbaru  ini mengusung konsep fleksibilitas yang sangat dibutuhkan pada mobil keluarga tanpa mengesampingkan unsur dinamis dan atletis. Produk ini juga menandai perubahan besar desain segmen MPV kami untuk bersaing di pasar dengan ciri khas sendiri," ujar Hyoung-Keun Lee, Vice Chairman dan CEO Kia.

Pihaknya akan menjual MPV ini di Eropa pada musim semi depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com