Kamis, 2 Oktober 2014

Otomotif


Edan, Produksi Mobil Dunia Tembus 80 Juta Unit!

Penulis: Donny Apriliananda | Minggu, 16 September 2012 | 09:28 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
Sumber : inautonews | Author : -

Biaya memelihara mobil menjadi latar belakang seseorang untuk membeli.

Washington DC, KompasOtomotif – Pertumbuhan produksi dan penjualan mobil di dunia sungguh fantastik. Di tengah krisis Eropa dan melambungnya harga minyak dunia, minat membeli mobil tidak pernah surut. Data penelitian dari Worldwatch Institute - lembaga penelitian publik dan lingkungan di AS - menunjukkan bahwa produksi mobil tahun ini bisa tembus 80 juta unit, rekor baru dalam sejarah otomobil dunia!

Hasil penelitian itu juga menunjukkan, terjadi pertumbuhan berarti dari tahun ke tahun. Pada 2010, produksi global mobil dan truk ringan mencapai 74,4 juta unit dan tahun lalu naik menjadi 76,8 juta unit. Lebih dari separo mobil kendaraan roda empat atau lebih itu, berarti 40 juta unit lebih - berasal dari empat negara produsen mobil terbesar dunia, yaitu China, AS, Jepang, dan Jerman. "Perkembangan terpesat adalah China," jelas peneliti senior Worldwatch, Michael Renner.

Makin sesak
Jumlah itu jelas akan membuat bumi makin sesak. Renner mengeluarkan data, pada 2011 jumlah mobil yang beredar di planet ini 691 juta unit, belum termasuk 979 juta unit kendaraan komersial. Jumlah itu meningkat 30 juta unit bila dibandingkan dengan 2010.

Bisa jadi, hingga akhir tahun ini, jumlah mobil di dunia akan mencapai 1 miliar unit atau satu dari tujuh orang di dunia mengendarai mobil. Bisa dibayangkan, jika ini terus terjadi dan tidak ada solusi, bumi akan dipenuhi dengan deretan mobil! Anehnya, masih menurut Renner, pertumbuhan kendaraan listrik masih sangat lemah.

Indonesia kemungkinan akan menyumbang satu juta unit mobil penumpang dan kendaraan komersial tahun ini. Pasalnya, sampai akhir Agustus lalu, jumlah mobil yang terjual di negeri ini sudah mencapai 714.000 unit lebih!

Sumber: Inautonews

Editor : Zulkifli BJ