Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2012, 16:09 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Indonesia memastikan bakal memajang Agya, mobil murah hasil kolaborasi ketiga dengan Daihatsu, di pameran IIMS 2012, 20 -30 September ini. "Terkait produk baru kami (Agya) kemungkinan besar akan dipamerkan," ujar Joko Trisantoyo, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) di Jakarta Selatan Kamis (13/7/2012).

Langkah Toyota memajang Agya di IIMS sebenarnya cukup spekulatif, bahkan bisa dibilang "mencuri start" oleh kompetitornya atau dianggap menggiring pemerintah. Pasalnya, pemrintah Indonesia belum juga mengeluarkan regulasi terkait mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) hingga kini.

Ketika dimintai tanggapan mengenai hal ini, Joko hanya menjawab singkat, "Maaf saya tidak bisa mengomentarinya."

Agya punya saudara bernama Ayla milik Daihatsu yang merupakan wujud nyata dari "A Concept" yang pernah dipamerkan pada IIMS tahun lalu. Keduanya produk kolaborasi ketiga setelah Avanza-Xenia dan Rush-Terios.

Rencananya, keduanya bakal dibekali mesin 3 silinder 1.000 cc dengan konsumsi bahan bakar 22 kpl. Kalau insentif dari pemerintah keluar, banderol harga Ayla bisa ditekan di bawah Rp 80 jutaan, sedangkan Agya Rp 100 jutaan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com