Selasa, 25 November 2014

Otomotif


Hebat! Aplikasi iPhone untuk Mencegah Tabrakan!

Senin, 03 September 2012 | 13:07 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : techon.nikkeibp.co.jp | Author : -

    Aplikasi Safety Sight pada iPhone di Jepang

  • Sumber : techon.nikkeibp.co.jp | Author : -

    Menentukan jarak dengan kendaraan di depan

  • Sumber : en. responsejp.com | Author : -

    Mengukur kecepatan

Tokyo, KompasOtomotif – Smartphone atau telepon seluler pintar, fungsinya semakin meluas. Dengan kamera belakangnya, hape pintar kini dapat dimanfaatkan membantu pengemudi untuk mencegah tabrakan, termasuk iPhone!

Untuk itu, dua perusahaan asuransi di Jepang, yaitu Sompo Japan Insurance Inc dan Nipponkoa Insurance Co. Ltd berkolaborasi menggembangkan aplikasi untuk mencegah tabrakan yang diberi nama”Safety Sight” dan dirilis 27 Agutus lalu. Untuk hape pintar dengan sistem operasi Android diperkenalkan pada Oktober mendatang.

Dikatakan, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis. Kendati demikian, untuk versi iPhone (tidak dijelaskan apakah aplikasi juga bisa untuk iPod Touch yang sudah dilengkapi kamera depan dan belakang), ketika KompasOtomotif coba mencarinya melalui  itunes.apple.com,aplikasi ini belum tersedia! Sementara lehadiran aplikasi ini sudah diberitakan  media teknologi Jepang, yaitu technon.nikkeibp.co.jp. dan en.responjp.com
 
Peringatan
Dijelaskan, Safety Sight juga dapat difungsi sebagai “Approaching Forward Vehicle Warning” atau peringatan saat mendekati kendaraan di depan. Untuk ini, hape pintar bekerja dengan memperkirakan atau menghitung jarak antara kendaraan pemakai aplikasi dengan yang di depannya melalui analisis gambar, berupa bentuk dan ukuran. Selanjutnya, aplikasi akan memberi peringatan bila jarak terlalu dekat dengan kendaran di depan atau laju terlalu kencang.  
 
Suara peringatan akan muncul jika jarak antara kendaraan pengguna dengan di depannya, saat melaju pada kecepatan 20 kpj sekitar 6 meter atau 40 kpj bila berjarak16 meter dan kecepatan 100 kpj untuk 40 meter.
 
Dijelaskan pula, saat aplikasi aktif, di layar iPhone muncul simbol kendaraan di depan dan informasi jarak pada kendaraan pengguna dengan di depan sesuai dengan yang ditangkap kamera. Fungsi lainnya, “Starting Forward Vehicle Notification”, memberi tanda saat kendaraan bergerak ke depan melalui suara.
 
Rekam kecelakaan
Fitur lain adalah fungsi “Event Data Recorder”. Ketika iPhone mendeteksi  tabrakan atau terjadi rem rem mendadak, secara otomatis kamera video akan merekam kendaraan di depan, yaitu beberapa puluh detik sebelum dan sesudah tabrakan. Setelah direkam, akan muncul nomor telepon telepon polisi dan nomor darurat kedua perusahaan asuransi.
 

Terakhir, juga bisa dimanfaatkan sebagai “Safety Driving Diagnosis” dengan menganalisa getaran dari hape pintar, informasi lokasi dan gambar di depan kendaraan yang digunakan untuk mendapatkan data  akselerasi, mengerem secara mendadak atau pindah jalur secara tiba-tiba. Fungsi aplikasi dikembangkan ini dikembangkan melalui kolaborasi dengan Car Mate MFG Ltd. 

Sumber: techon.nikkeibp.co.jp

Editor : Zulkifli BJ